Sukses

Pertahanan Persib Tak Sekokoh Musim Lalu, Pelatih Beri Catatan Khusus

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung mencatat awal musim yang buruk di ajang BRI Liga 1 2022/2023 setelah hanya menuai hasil dua kalah dan sekali imbang. Teranyar, Maung Bandung dilumat Borneo FC dengan skor 1-4.

Bermain di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (7/8/2022), Persib kalah telak 1-4 dari Borneo FC. Sejauh ini, Persib hanya mampu mengoleksi satu poin dari tiga pertandingan di Liga 1 2022/2023. Dengan rincian dua kali kalah dan satu kali hasil imbang.

Tak sampai di situ, Persib juga mencatatkan jumlah kebobolan terbanyak dalam tiga laga awal. Hingga sekarang, sudah sembilan gol atau rata-rata 3 gol per pertandingan.

Banyaknya jumlah gol yang bersarang di jala gawang Persib pada tiga laga awal Liga 1 musim ini kontras dengan pencapaian musim lalu. Di Liga 1 musim 2021/2022, Persib finis di posisi kedua sekaligus menjadi yang terbaik dengan hanya kebobolan 22 kali.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts pun harus bisa menemukan formula baru agar hasil lebih baik bisa didapat pekan depan.

“Musim lalu kami adalah tim dengan catatan pertahanan terbaik di liga, tapi sekarang kami harus menyusun ulang karena kemasukan banyak gol dan menyebabkan kami kembali kehilangan tiga poin," ujar Robert usai laga kontra Borneo FC.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Harus Berubah

Robert pun mengaku bertanggung jawab atas kekalahan tersebut. Untuk itu Persib harus melakukan perubahan supaya hasil buruk ini tak terulang lagi.

"Jadi kami harus melakukan perubahan dan bertanggung jawab atas kekalahan ini. Kami harus memastikan di laga berikutnya di kandang, kami bisa mendapat tiga poin,” cetusnya.

Adapun pertandingan selanjutnya, Persib akan menjamu PSIS Semarang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Sabtu (13/8/2022).

 

3 dari 4 halaman

Malu

Gelandang Persib Bandung Marc Klok angkat suara terkait kekalahan telak 1-4 dari Borneo FC pada laga pekan ketiga BRI Liga 1 musim 2022/2023 di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (7/8/2022). Kapten Persib di pertandingan itu menilai kekalahan tersebut sama sekali tidak bisa diterima.

"Saya sedikit malu untuk bicara. Kalau kalah 4-1 itu tidak bisa (diterima) untuk kita dan untuk saya," kata Klok.

Hasil minor atas Borneo sendiri memperpanjang raihan buruk Persib Bandung di tiga laga awal musim ini. Sebelum bersua Borneo, Maung Bandung hanya bermain imbang 2-2 saat menghadapi Bhayangkara FC dan menelan pil pahit di kandang, kalah 1-3 dari Madura United.

"Kita memulai liga di musim ini tidak sesuai ekspektasi, kita harus fokus untuk kita sendiri dari sebelas pemain," ucap Klok.

4 dari 4 halaman

Harus Bangkit

Klok juga mengajak pemain untuk sadar bahwa tim kini ada di posisi terpuruk. Untuk itu, ia memibta semua rekan-rekannya untuk bangkit dan menatap pertandingan selanjutnya lawan PSIS Semarang.

"Semua, bukan satu atau dua, tapi semua harus bangkit, semua harus lihat diri mereka sendiri termasuk saya juga," cetusnya.

Persib saat ini turun ke peringkat 17 klasemen sementara dari sebelumnya 16. Maung Bandung digeser Persik Kediri yang juga menelan kekalahan 0-1 dari Madura United pada laga kemarin.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS