Sukses

Absen 2 Tahun, Turnamen Tenis Skala Internasional Digelar Lagi di Indonesia

Para petenis dari 18 negara akan tampil di turnamen internasional di Jakarta pada Agustus 2022.

Liputan6.com, Jakarta Penantian pecinta tenis di Indonesia akan turnamen berskala internasional akhirnya berakhir. Pada Agustus 2022 akan berlangsung Amman International Tennis Championships di Jakarta. 

Turnamen tenis internasional terpaksa absen di Indonesia sejak 2019 lalu akibat pandemi virus corona Covid-19. Setelah situasi berangsur membaik langsung, Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (Pelti) bisa menghadirkan turnamen bergengsi lagi

Amman International Tennis Championships akan berlangsung di The Sultan Hotel & Residence Jakarta. Kejuaraan yang masuk kalender kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) Mens World Tennis Tour ini akan bergulir dua seri selama dua pekan, yang akan dimulai 7 hingga 21 Agustus 2022. 

Amman International Tennis Championships menyediakan total hadiah 15.000 dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 225 juta pada tiap serinya Ajang ini merupakan turnamen entry level profesional yang akan sangat bermanfaat bagi petenis tuan rumah untuk mengais poin peringkat internasional.

"Sudah dua tahun tidak ada turnamen internasional. Sulit mengadakan turnamen selama pandemi virus corona Covid-19. Alhamdulillah kali ini bisa menggelar turnamen berhadiah total 15.000 USD. Terima kasih PT Amman Mineral Nusa Tenggara yang telah bersedia menjadi sponsor turnamen ITF profesional putra pertama di Indonesia sejak adanya pandemi. PP Pelti sangat memerlukan adanya kejuaraan seperti ini di Indonesia," ucap Ketua Umum PP Pelti), Rildo Ananda Anwar di Jakarta, Sabtu (6/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

18 Negara

Amman International Tennis Championships akan diikuti petenis dari 18 negara seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam, Filipina, Hongkong, China, Jepang, Korea, India, Australia, Selandia Baru, Belanda, Rusia dan Prancis serta Afrika Selatan. 

Merujuk situs kompetisi ITF per Sabtu (7/8), Sasikumar Mukund (India) yang berperingkat singles ke-441 dunia akan menjadi unggulan teratas Amman International Tennis Championships seri pertama. 

Setiap seri Amman International Tennis Championships menyediakan 32 slot babak utama dan 48 tempat di babak kualifikasi nomor tunggal. Sedangkan di sektor ganda, hanya 16 pasangan yang berhak tampil di babak utama.

 

3 dari 3 halaman

Wakil Indonesia

Indonesia juga mengirimkan wakil di Amman International Tennis Championships lewat wildcard. Beberapa petenis Indonesia yang dipastikan ikutan adalah Muhammad Rifqi Fitriadi yang menjadi bagian dari tim Merah Putih mendulang medali perak beregu putra SEA Games Vietnam 2022 dan petenis junior terbaik Indonesia saat ini, Nathan Anthony Barki.

Total ada empat petenis Indonesia yang langsung lolos ke babak utama lewat wildcard. Dua lainnya adalah Achad Iman Ma'ruf dan Rifqy Sukma Ramadhan. Tujuh petenis lain berjuang lewat wildcard kualifikasi. 

Kehadiran turnamen tenis internasional setelah absen dua tahun diharapkan bisa membangkitkan kembali gairah para petenis muda sehingga mendorong tumbuhnya atlet-atlet baru yang dapat meraih prestasi dan mengharumkan nama Indonesia. 

“Sebagai salah satu perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia, Amman terus berupaya untuk mendukung berbagai program yang dapat memajukan Indonesia, salah satunya dalam bidang olahraga tenis. Dengan adanya turnamen berskala internasional ini, diharapkan tenis di Indonesia kembali bergairah. Ini adalah salah satu cara kami untuk menciptakan warisan terbaik bagi Indonesia,” papar Head of Corporate Communications Amman, Kartika Octaviana. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.