Sukses

Profil Tim Grup G Piala Dunia 2022: Cuma Sampai Fase Grup Lagi, Serbia?

Serbia baru tiga kali tampil di Piala Dunia sejak Yugoslavia pecah dan hanya tampil sebagai penggembira di Piala Dunia 2018. Di Rusia mereka kalah bersaing melawan Brasil dan Swiss. Menariknya, Serbia kembali satu grup dengan Brasil dan Swiss di Piala Dunia Qatar 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Serbia berhasil mendapatkan tiket ke Piala Dunia Qatar 2022 setelah tampil impresif di kualifikasi. Mereka finis di posisi pertama Grup A dan memaksa tim favorit Portugal melalui babak play-off menuju Qatar.

Di Piala Dunia 2022, pasukan Dragan Stojkovic tergabung di Grup G bersama Brasil, Kamerun, dan Swiss. Jika melihat hasil laga internasional pada beberapa bulan terakhir, Serbia bisa dibilang belum mendapatkan hasil maksimal. Mereka dua kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah dalam empat pertandingan di UEFA Nations League 2022-2023. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Serbia berhak tampil di putaran final Piala Dunia 2022 usai memimpin Grup A. Dusan Tadic dan kawan-kawan finis di posisi pertama setelah mengumpulkan 20 poin dari 8 pertandingan. 

Serbia mengamankan tiket otomatis usai Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan dengan skor 2-1 pada matchday terakhir. Mereka pun kembali hadir di Piala Dunia setelah pada edisi 2018 langsung terhenti di fase grup.

Timnas Serbia berpotensi beri kejutan untuk tiga pesaingnya karena memiliki sederet lini serang mematikan berbalut liga top Eropa. Setidaknya ada empat penyerang berkelas. Keempat penyerang tengah Serbia tersebut di antaranya adalah Aleksandar Mitrovic, Luka Jovic, dan Dusan Vlahovic.

Sosok Mitrovic tentu sudah tak asing lagi bagi pecinta Liga Inggris. Pasalnya penyerang berusia 27 tahun itu tercatat pernah mondar-mandir memperkuat dua tim di Liga Inggris, Newcastle United dan Fulham. Saat ini Mitrovic tercatat masih berkostum Fulham seelah bergabung tahun 2018.

Nama kedua ada eks bomber Real Madrid yang pernah jaya bersama Eintracht Frankfurt, Luka Jovic. Setidaknya ada empat tim besar di kasta tertinggi liga top Eropa yang pernah diperkuatnya.

Sementara untuk sosok ketiga yakni Dusan Vlahovic. Pemain yang tampil baik setelah didatangkan Juventus dari Fiorentina.

Lantas, apakah mampu Serbia berbicara banyak pada Piala Dunia Qatar? Atau justru hanya menjadi pelengkap saja seperti 2018?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemain Bintang - Aleksandar Mitrovic

Sosok Aleksandar Mitrovic tentu sudah tak asing lagi bagi pecinta Liga Inggris. Pasalnya penyerang berusia 27 tahun itu tercatat pernah mondar-mandir memperkuat dua tim di Liga Inggris yakni Newcastle United dan Fulham.

Mitrovic salah satu pemain yang berperan penting dalam sukses Serbia tampil di Piala Dunia 2022. Dia mencetak gol penentu kemenangan timnya atas Portugal pada matchday terakhir kualifikasi pada 14 November 2021.

Selain itu, ia juga punya kontribusi besar dalam keberhasilan Fulham menjuarai Divisi Championship dan promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris.

Bagaimana tidak, pemain 27 tahun itu menyarangkan 43 gol dari 44 pertandingan yang ia jalani di liga musim lalu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pelatih - Dragan Stojkovic

Dragan Stojkovic baru ditunjuk untuk menangani timnas Serbia tepat pada hari ulang tahunnya, yakni 3 Maret 2021 lalu. Sebelum timnas Serbia, Dragan Stojkovic tercatat hanya pernah menangani dua klub, yakni Nagoya Grampus dan Guangzhou City FC.

Prestasinya sebagai juru taktik sejauh ini adalah membawa Nagoya Grampus menjuarai J.League dan Piala Super Jepang. Dia juga pernah membela Yugoslavia dan mencetak gol saat berusia 19 tahun 107 hari di piala Eropa 1984 kala itu Yugoslavia kalah dari Prancis 2-3

4 dari 4 halaman

Jadwal Serbia di Piala Dunia 2022

Jumat, 25 November 2022

02:00 WIB: Brasil vs Serbia 

Senin, 28 November 2022

23:00 WIB: Brasil vs Swiss 

Sabtu, 3 Desember 2022

02:00 WIB: Serbia vs Swiss 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.