Sukses

Makin Inovatif, Pocari Sweat Run Indonesia 2022 Jadi Lomba Lari Hybrid Terbesar di Tanah Air

Event lari hybrid terbesar di Tanah Air, Pocari Sweat Run Indonesia 2022 berhasil mencetak rekor baru. Sekitar 5.000 peserta berhasil membuat “biru” Kota Bandung dan didukung juga oleh 13.601 peserta tersebar di 311 kota di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Bandung Kesadaran masyarakat untuk melakukan kegiatan olahraga yang semakin meningkat, terutama lari, mendorong sejumlah pihak untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menghadirkan sebuah event lari. Setelah sukses mencetak rekor muri pada ajang lari hybrid tahun lalu, PT. Amerta Indah Otsuka kembali menggelar Pocari Sweat Run Indonesia 2022 secara hybrid (offline dan online) pada Minggu (24/7/2021).

Hasilnya, sukses besar. Event lari yang sudah memasuki tahun ke-9 itu telah diikuti 18.601 peserta secara hybrid (online dan offline). Sekitar 5.000 peserta berhasil membuat “biru” Kota Bandung dan didukung juga oleh 13.601 peserta tersebar di 311 kota di seluruh Indonesia. Selain Kota Bandung yang menjadi pusat event lari offline, sebanyak 39 kota lain menggelar mini race offline bersama berbagai komunitas lari.

 

Sejumlah atlet, publik figur hingga pejabat pemerintah turut unjuk kemampuan dalam event olahraga lari yang disebut-sebut terbesar di Indonesia. Ikut hadir Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Yana Mulyana (Walikota Bandung), Sahrul Gunawan (Wakil Bupati Bandung), dan Bima Arya (Walikota Bogor). Adapun Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) ikut menyapa para pelari secara virtual. Publik figur lain yang ikut lari yaitu Agus Prayogo (Atlet lari nasional), Sahila Hisyam, Soraya Larasati, Zee Zee Shahab, Alya Rohali, dan Najwa Shihab (Co-Founder Narasi). Selain itu acara juga dipandu oleh Melanie Putria dan Daniel Mananta.

Pelaksanaan kegiatan Pocari Sweat Run Indonesia 2022 dengan kategori marathon, half marathon, dan 10K secara offline menerapkan protokol kesehatan ketat. Hal ini sesuai dengan kampanye #SafeRunning yang digelorakan oleh Amerta Indah Otsuka.

"Kampanye #saferunning setiap tahunnya selalu konsisten kami gaungkan karena keselamatan para pelari adalah yang utama. Secara protokol kesehatan, kami mengikuti aturan-aturan yang telah ditentukan oleh Satgas COVID-19 Kota Bandung,” ujar Puspita Winawati, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka.

Flag Off Pocari Sweat Run Indonesia 2022 dimulai sejak pukul 04.00 pagi, diawali dengan pelepasan pelari kategori maraton yang berada di Wilayah Indonesia Tengah dan Timur oleh Presiden Direktur PT Amerta Indah Otsuka, Yoshihiro Bando bersama Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, Puspita Winawati.

 

Sementara untuk flag off di Bandung dimulai pada pukul 05.00 WIB oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi sang istri, Atalia Praratya Ridwan Kamil; Presiden Direktur PT Amerta Indah Otsuka, Yoshihiro Bando; Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, Puspita Winawati; Wali Kota Bandung, Yana Mulyana; Direktur Utama PT BPD Jabar, Yuddy Renaldi dan Race Director Pocari Sweat Run Indonesia 2022, Bertha.

Sebelum melepas pelari, Ridwan Kamil memberikan semangat dan mengabarkan kalau Pocari Sweat Run Indonesia 2022 pecah rekor.

"Kita pecah rekor, Tahun ini memecahkan rekor yang terdaftar kurang lebih 18 ribu pelari. Hanya anda adalah kelompok yang beruntung, yang di Gedung Sate hanya dibatasi 5000 pelari, 13 ribunya seliweran di seluruh Nusantara," kata Ridwan Kamil.

Mudah-mudahan semua lancar. Titip jaga ketertiban saling menghargai pengguna jalan. Dan mudah-mudahan semua finish sebelum cut off time yang luar biasa. Kepada warga dan pelari yang bukan Bandung dan Jawa Barat saya hadiahkan pantun.    

"Hati-hati suka ada yang ngajak curhat. Lama - lama gebetan kita pun di embat. Selamat datang di tanah Jawa Barat, kepada para pelari Pocari Sweat yang hebat-hebat."

Selain jumlah peserta yang meningkat dan pecahkan rekor, berikut ini adalah sejumlah momen berkesan dan inovasi dari Pocari Sweat Run Indonesia 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Publik Figur Catatkan Waktu Lari Lebih Baik

Pocari Sweat Run Indonesia 2022 menjadi momen pertama dan kedua bagi sejumlah publik figur. Misalnya saja Najwa Shihab yang sudah mengikuti lari secara langsung di Bandung untuk kedua kalinya. Di tahun ini berhasil mencatatkan waktu yang lebih baik, dari tahun lalu selama 1 jam 28 menit menjadi 1 jam 20 menit.

Bukan hanya Najwa, Soraya Larasati juga berhasil meningkatkan kemampuan larinya dengan berhasil sampai di garis finis dalam waktu 1 jam 51 menit. Begitu senangnya dengan event lari ini, Soraya Larasati bahkan sudah gak sabar lagi menyambut Pocari Sweat Run Indonesia tahun mendatang.

Di sisi lain, Alya Rohali dan Zeezee Shahab juga mengaku sangat bahagia bisa mengikuti event lari secara langsung di Bandung. "Happy banget, tahun ini lebih banyak pesertanya, semua orang senang, lebih banyak latihan, cuaca cerah," kata Alya Rohali.

"Happy banget, per dua kilometer selalu ada hydropoint. Hype larinya seru banget, karena tahun lalu aku virtual," ungkap Zeezee.

Selain dari kalangan selebriti, Pocari Sweat Run Indonesia 2022 makin spesial dengan keikutsertaan sejumlah pejabat pemerintah. Selain Ridwan Kamil dan Bima Arya, ada Ganjar Pranowo yang ikut lari pada kategori 10K. Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno melaksanakan lari dari Kota Solo. Menariknya, Ganjar ke Bandung tak sendirian, dia datang bersama Sang Isti Siti Atikoh Suprianti yang ambil bagian kategori full marathon sekaligus menjadi ajang full marathon pertama yang diikuti.

 

Ridwan Kamil menyebut Pocari Sweat Run Indonesia 2022 memberikan banyak kebahagiaan, bukan hanya antusiasme peserta yang luar biasa tapi juga mereka yang berpartisipasi.

"Jadi, sangat bahagia, terima kasih kepada kepolisian yang mendukung. Karena ini acara kebanggaan Jawa Barat. Dan semua sponsor makin banyak, artinya kegiatan ini Insya Allah umurnya panjang. Mudah-mudahan seterusnya lebih sukses lagi," kata Ridwan Kamil.

 

3 dari 5 halaman

Kenalkan Konsep Baru, Run for Blue Planet

Pocari Sweat Run Indonesia 2022 menjadi event lari pertama yang memperkenalkan konsep baru yakni eco-friendly event. Pocari Sweat mengajak para peserta untuk peduli lingkungan melalui kegiatan bertajuk "Run for Blue Planet”. Pocari Sweat bekerja sama dengan Rekosistem untuk mengumpulkan dan memilah sampah berupa botol plastik hingga kulit pisang yang akan didaur ulang kembali.

"Kita ingin mengajak para runners untuk mulai dari memilah sampah, belajar cara memilah sampah mana yang organik, non-organik itu akan kita edukasi kepada seluruh peserta Pocari Sweat Run," kata Wina.

Ia berharap langkah ini dapat mengajak pelari untuk sadar akan isu lingkungan dan bersama-sama. “Total target 600kg sampah akan kita pilah dan daur ulang di Bandung bekerja sama dengan partner, Rekosistem dan Narasi," ungkap Wina.

 

Inisiatif Pocari Sweat yang menghadirkan Run for Blue Planet ini mendapatkan apresiasi dari Najwa Shihab, co-founder Narasi.

"Aku senang banget. Karena kita lari selain untuk sehat, tapi juga Run for Blue Planet. Senang banget Pocari Sweat punya inisiatif ini, dimana kita mengedukasi dan mengajak orang-orang untuk pilih dan memilah sampah," ujar Najwa.

"Langkah kecil tapi kalau dilakukan berulang-ulang. Mudah-mudahan akan jadi kebiasaan dan semua orang jadi terbiasa untuk memilih dan memilah sampah untuk didaur ulang," tambahnya.

Hydration Point dan Booth Sport Science

 

Untuk mendukung performa para pelari dan menjaga mereka terhidrasi dengan baik sampai mencapai garis finis dan catatan waktu terbaik, Pocari Sweat menyediakan Hydration Point di sejumlah titik yang menjadi jalur lari maraton, half marathon dan 10K. Di setiap lokasi tersebut juga disediakan jenis tempat sampah terpilah untuk mendukung konsep Run for Blue Planet.

Sesampainya di garis finis, para pelari juga dapat memanfaatkan booth Sport Science untuk recovery. Beberapa fasilitas yakni Ice bath, massage dan stretching. Kehadiran sport science semakin memperkuat kampanye #saferunning yang digaungkan Pocari Sweat Run.

 

4 dari 5 halaman

Hiburan Spesial dari Gigi

Selain lucky draw di setiap segmen baik offline maupun online, Pocari Sweat Run Indonesia 2022 menjadi semakin istimewa karena para peserta atau pelari dihibur dengan penampilan musik spesial dari band Gigi yang digawangi Armand Maulana, Dewa Budjana, Thomas Ramdhan dan Gusti Hendy.

Penampilan Gigi dibuka dengan lagu Terbang, dilanjutkan dengan lagu Cintailah Mereka, Kepastian yang Kutunggu hingga lagu Andai, dan Nakal. Totalnya ada lebih dari 10 lagu dinyanyikan Armand untuk menghibur pelari Pocari Sweat Run Indonesia 2022.

Rasa lelah dan letih para pelari seakan hilang dengan hiburan musik spesial dari Gigi. Terbukti, mereka semangat bernyanyi dan berjoget mengikuti irama musik Gigi.

Live Streaming di Vidio

Gelaran Pocari Sweat Run Indonesia 2022 disiarkan secara live streaming di Vidio dan menghadirkan sambungan langsung dengan sejumlah pelari dan komunitas lari dari berbagai kota di Indonesia. Seperti, Sorong, Manokwari, Jayapura, Ambon, Palu, Bali, Makassar, Banjarmasin, Balikpapan, Manado, Solo, dan kota-kota lain yang menjadi venue gelaran mini run.

 

Acara ditutup dengan pengumuman para pemenang. Juara pertama untuk kategori Maraton meraih hadiah Rp20 juta, diikuti juara kedua dengan hadiah Rp16 juta dan juara ketiga dengan Rp12 juta. Sedangkan juara pertama kategori Half Marathon meraih Rp10 juta, diikuti juara kedua dengan hadiah Rp8 juta dan juara ketiga sebesar Rp6 juta. Sedangkan pada kategori lari 10K, juara pertama meraih hadiah Rp7 juta. Untuk juara kedua dan ketiga, masing-masing memperoleh Rp5 juta dan Rp3 juta.

 

5 dari 5 halaman

Daftar Pemenang Pocari Sweat Run Indonesia 2022

Kategori Marathon Female:

  • Juara 1: Pretty Sihite
  • Juara 2: Westi Indah S
  • Juara 3: Steffi Audynia C

Kategori Marathon Male:

  • Juara 1: Rudi Febriade
  • Juara 2: Reza Aulia Pradita
  • Juara 3: Muhammad Ady Saputra

Kategori Half Marathon Female:

  • Juara 1: Yanitasari Yanita
  • Juara 2: Eliza Chandra
  • Juara 3: Triya Ningsih

Kategori Half Marathon Male:

  • Juara 1: Agus Prayogo
  • Juara 2: Rikki Marthin Luther Simbolon
  • Juara 3: Nurshodiq

Kategori 10K Female:

  • Juara 1: Bekti Ningsih
  • Juara 2: Ai Kusmiati
  • Juara 3: Anjasari Dewi

Kategori 10K Male:

  • Juara 1: Syamsuddin Massa
  • Juara 2: Pandu Sukarya
  • Juara 3: Dikki Abdul Najib

Pocari Sweat Run Indonesia 2022 sukses berlangsung dengan didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Pemerintah Kota Bandung, Mizuno, Alfamart, Vaseline, Garmin, Bank BJB, Salonpas Let’s Move, SONY, Softies, Oakley, Santika Indonesia, JagaDiri, Soyjoy, Oakley, KLY, Narasi, Runhood, Rekosistem, Eminence, dan Run ID.

Ikuti keseruan Pocari Sweat Run Indonesia 2022 di akun instagram @pocarisportid dan media sosial lainnya dengan tagar #PocariSweatRun2022 #SafeRunning #BornToSweat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini