Sukses

Wakil Tuan Rumah Berjaya di Garuda International Cup 2

Liputan6.com, Jakarta- Turnamen usia muda bertaraf internasional Garuda International Cup 2 (GIC) telah sukses digelar dari 30 Juni 2022 hingga 3 Juli 2022. Bertempat di ASIOP Training Ground (ATG), Sentul, Jawa Barat, Wakil tuan rumah berjaya di partai final yang berlangsung Minggu (3/7/2022).

Dari dua kategori final kategori cup usia U-12 dan U-17, ASIOP mampu mengawinkan gelar juara. Pada ketegori U-12, ASIOP menang atas wakil dari Pulau Dewata, Next Bali Generation lewat drama adu penalti dengan skor akhir 3-1.

Dalam waktu normal, pertandingan berakhir dengan sama kuat 1-1. ASIOP unggul lebih dulu melalui gol Chiko Jericho pada menit ke-9. Next Bali Generation menyamakan skor melalui Arkha pada menit ke-36.

Sementara pada pertandingan final Cup U-17 mempertemukan ASIOP Merah dan ASIOP Biru. Laga tersebut akhirnya dimenangkan oleh ASIOP Merah dengan skor 2-0. Dua gol diborong oleh Eros Dermawan yang juga dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen kategori U-17.

"Ini adalah event yang besar, diikuti lima negara ASEAN termasuk Indonesia. Alhamdulillah kami bisa juara di turnamen ini," kata kapten ASIOP U-17, Rayraffa Ramadan.

 

 

2 dari 4 halaman

5 Negara

"Terima kasih juga untuk manajemen yang sudah menyelenggarakan event ini, kami bisa banyak pengalaman dan bisa menghadapi tim dari luar negeri," Rayraffa menambahkan.

Turnamen internasional bertajuk GIC II 2022 diikuti oleh total 32 tim. Peserta tak hanya dari Indonesia tapi juga empa5 negara ASEAN lain(Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, dan Singapura).

Panitia penyelenggara memastikan ajang GIC akan rutin digelar setiap tahunnya. Bahkan, untuk edisi berikutnya pada tahun 2023, rencananya tim asal Spanyol dan Amerika Serikat akan ambil bagian. 

“Alhamdulillah bisa lihat bibit-bibit muda sepak bola Indonesia baik U-12 maupun U-17, ini bikin kami semangat melaksanakan turnamen-turnamen untuk masa depan pemain-pemain Timnas Indonesia,” kata Direktur Utama ASIOP Ade Prima Syarif.

“Tahun depan akan kami laksanakan sebagai program rutin. Kami sudah dapat sinyal positif dari tim Spanyol dan Amerika Seriat, Brooklyn United akan datang ke Indonesia. Kami usahakan tim-tim dari Vietnam dan Thailand juga bisa iktu sehingga menambah pengalaman bertanding bisa berkembang lebih baik” Ade Prima menambahkan.

3 dari 4 halaman

Kembali

Sementara itu Ketua Panitia GIC II Runie Virgiani, menyebut negara-negara yang mengirim timnya tahun ini bahkan sudah konfirmasi mau ambil bagian lagi bila Garuda International Cup kembali digelar tahun depan.

“Respons mereka sangat baik, untuk ikut lagi tahun depan, setelah selesai langsung nanya lagi kapan akan hadir lagi. Sehingga mereka akan ikut lagi,” timpal Runie.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemenang

Berikut Distribusi Juara Garuda International Cup II 2022:

Kategori Cup U-17

Juara: ASIOP Merah

Runner up: ASIOP Biru

Peringkat Ketiga: Timnas Pelajar Menpora

Top Skor: Lugas Satria (8 Gol, Timnas Pelajar)

Pemain Terbaik: Eros Dermawan (ASIOP Merah)

Kiper Terbaik: Zaki (ASIOP Biru)

Pelatih Terbaik: Yulio Meriem Putra (ASIOP Merah)

 

Kategori U-12:

Juara: ASIOP Merah

Runner Up: Next Bali Generation (Bali)

Peringkat ketiga: Jakarta Academy Soccer

Top Skor: Nawafal Qaedi (6 Gol, ASIOP Merah)

Pemain Terbaik: Chico Jericho (ASIOP Merah)

Kiper Terbaik: Haikal (Next Bali Generation)

Pelatih Terbaik: Eka Nanda (Next Bali Generation)