Sukses

Ketua NOC Soroti Peran Menpora di Balik Sukses Indonesia Tembus 3 Besar SEA Games Vietnam

Ketua National Olympic Commitee (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari menyebut dukungan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali sebagai kunci kesuksesan Indonesia masuk tiga besar SEA Games 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua National Olympic Commitee (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari menyebut dukungan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali sebagai kunci kesuksesan Indonesia masuk tiga besar SEA Games 2021.

“Hasil ini tidak lepas dari dukungan dari semua pihak, semua stakeholder olahraga, terutama Menpora,” kata Okto di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (23/5/2021) dikutip situs resmi Kemenpora.

Indonesia menempati posisi tiga setelah mengumpulkan 69 medali emas, 92 perak, dan 80 perunggu. Tim Merah Putih mengakhiri perjuangan dengan di bawah Vietnam dan Thailand.

Pada pesta olahraga Asia Tenggara edisi ke-31 ini, Indonesia menurunkan 499 atlet yang berjuang di 32 cabang olahraga. Meski jumlahnya berkurang, kontingen Indonesia mampu unjuk gigi.

Prestasi atlet Indonesia di SEA Games Vietnam juga tidak lepas dari paradigma baru olahraga yang digaungkan. Sekarang ini sudah ada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional.

“Semua atlet yang berangkat ke SEA Games Vietnam itu sudah terseleksi dari tim verifikasi yang targetnya memang medali. Apa yang dicapai para atlet ini membanggakan kita semua karena juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan prestasi dari SEA Games sebelumnya,” ujar Okto.

Selain itu, Okto juga menyampaikan banyak cabang olahraga prioritas dalam Desain Besar Olahraga Nasional yang meraih medali emas.

“Yang menarik adalah banyak olahraga dari nomor tim bisa mendulang prestasi memuaskan. Ini tidak terlepas dari dukungan pelatih dan ofisial. Terima kasih juga atas doa dan dukungan dari semua pihak,” pungkas Okto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ucapan Syukur Menpora

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali merasa bersyukur dengan hasil di SEA Games 2021. Amali mengucapkan terima kasih kepada seluruh atlet yang sudah berjuang di lapangan, Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, tim CdM, tim review, NOC Indonesia, KONI dan seluruh stakeholder olahraga yang terkait.  

Menurut Menpora Amali, keberhasilan Indonesia masuk tiga besar di SEA Games 2021 Vietnam berkat kerja keras semua pihak, khususnya para atlet. Dan ini menjadi bukti bahwa, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sudah berjalan di trek yang benar.

"Dibanding SEA Games Filipina sebelumnya, dari jumlah keberangkatan atlet sudah berbeda. Kalau di Filipina sekitar 800 lebih atlet, SEA Games 2021 Vietnam kali ini, hampir separuh lebih sedikit atlet yang berangkat, tapi alhamdulilah medali yang kita raih sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tiga besar," ujar Menpora Amali saat bertemu Media di Hotel Intercontinental, Minggu (22/5/2022).

Ke depan Menpora Amali juga akan menggunakan cara dan sistem yang sama dalam keberangkatan atlet, bahkan akan lebih ketat lagi. Tahun 2023 sendiri akan ada Asian Games dan SEA Games Kamboja.

"Hasil ini menurut saya belum berhasil, karena tantangan kita ke depan jauh lebih berat. Target utama kita adalah Olimpiade, untuk menuju ke sana kita harus mulai dari sekarang perubahan paradigma olahraga Indonesia," ujar Menpora.

3 dari 3 halaman

Resmi Ditutup

SEA Games 2021 resmi ditutup melalui upacara di Vietnam Asian Indoor Game, Senin (23/5/2022). Asia Tenggara kini bersiap menyambut ajang berikutnya di Kamboja tahun depan.

Puluhan penari mengenakan pakaian tradisional Ao Dai membuka upacara penutupan SEA Games Vietnam. Penari dan penyanyi kemudian memperlihatkan kebolehan mereka dan menghibur penonton.

"Pembukaan upacara penutupan menggambarkan Hanoi yang merupakan kota perdamaian, sesuai dengan tema tarian My Hanoi Your Love," ujar pembawa acara.

Negara peserta kemudian diperkenalkan, disertai dengan bendera negara yang dimulai dengan Brunei Darussalam dan diakhiri tuan rumah.

Para pejabat memberikan sambutan. Selanjutnya bendera ASEAN diturunkan dan diserahkan ke perwakilan Kamboja, tuan rumah ajang berikutnya pada 2023. Penampilan budaya Kamboja juga dipertontonkan.

Penutupan SEA Games 2021 berlangsung selama kurang lebih 90 menit. Pihak panitia memberikan salam perpisahan dengan tema acara “Coming together to shine”.

"Para atlet telah melalui banyak kompetisi dan menunjukkan bakat mereka, sehingga upacara penutupan akan menjadi momen bagi semua orang untuk menghormati dan memuji mereka, dan meningkatkan sportivitas," kata Tran Ly Ly, direktur upacara pembukaan sekaligus penutupan SEA Games 2021, dilansir laman resmi kompetisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.