Sukses

Indonesia Masters 2022: Perang Bintang Kembali Panaskan Istora Gelora Bung Karno

Liputan6.com, Jakarta - Daihatsu Indonesia Masters 2022 siap mengobati kerinduan para pecinta bulu tangkis Tanah Air akan tontotan kelas dunia. Ajang ini siap diramaikan para pebulu tangkis top dunia. Perang Bintang pun akan menjadi sajian utama.

Turnamen bulu tangkis yang masuk BWF World Tour Super 500 tersebut siap memanaskan Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 7-12 Juni. Tahun lalu, Indonesia Masters digelar di Pulau Dewata.

Menurut Marketing Director Astra Daihatsu Motor Sri Agung Handayani, pihaknya merasa bangga karena untuk kali kelima perusahaan otomotif ini kembali tampil sebagai sponsor utama Indonesia Masters. Hal lain yang juga menggembirakan, di tengah pandemi yang semakin membaik, kejuaraan ini bisa kembali dihadiri penonton.

"Kejuaraan ini sejalan dengan program global Daihatsu. Daihatsu secara konsisten memberi dukungan terhadap bulu tangkis Indonesia karena olahraga ini sangat populer di sini dan atlet-atletnya memiliki prestasi dunia," kata Handayani dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Jumat, 20 Mei.

"Berkat kondisi pandemi yang makin membaik, para penggemar bulu tangkis juga bisa hadir kembali ke arena pertandingan bulu tangkis bergengsi. Kondisi ini tentu ditunggu-tunggu para penggemar," tambahnya.

Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta berharap kejuaraan bergengsi ini dapat menjadi pengobat rindu akan tontonan bulu tangkis level dunia. "Kerinduan para pecinta bulu tangkis akan tontonan kelas dunia bakal terobati dengan gelaran Daihatsu Indonesia Masters 2022," ucapnya.

"Setelah terdampak pandemi Covid-19, kejuaraan yang ditunggu-tunggu penggemar bulu tangkis ini bisa diselenggarakan kembali."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jumlah peserta

Alex Tirta mengatakan Indonesia Masters 2022 akan diikuti 273 pemain dari 28 negara, 53 di antaranya adalah wakil tuan rumah. Para pebulu tangkis top dunia sudah menyatakan hadir dan siap meramaikan persaingan.

Mereka adalah Viktor Axelsen dari Denmark, andalan China Chen Yu Fei dan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, serta Lee Yang/Wang Chi Lin asal Chinese Taipei. Selain itu, masih ada banyak pemain top dunia akan datang ke Jakarta.

"Melihat nama-nama pemain yang hadir, kualitas turnamen ini bisa disebut layaknya Perang Bintang. Semua pebulu tangkis top dunia datang dan meramaikan persaingan. Sejak babak awal akan tersaji laga-laga yang menarik dan seru dari para pemain kelas dunia," ucap Alex.

Selain peraih medali emas Olimpiade, di bagian putri juga hadir pula pemain top dunia. Bisa disebut Carolina Marin,(Spanyol), He Bing Jiao (China), An Se Young, (Korea Selatan), Pusarla V. Sindhu dan Saina Nehwal (India), Ratchanok Intanon, Pornpawee Chochuwong (Thailand), hingga Line Christophersen (Denmark).

Di sektor putra, para bintang dunia itu akan bersaing melawan jagoan tuan rumah seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Juga Bagas Maulana/Muh. Shohibul Fikri yang baru saja menjuarai All England.

Jangan lupa, setelah pulih dari operasi kaki, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo juga siap tampil beraksi kembali.

 

3 dari 4 halaman

Jonatan Christie

Sebagai salah satu andalan tuan rumah, Jonatan Christie, menyebut siap tampil maksimal dan berjuang keras di Indonesia Masters 2022. Maklum, kini tingkat persaingan di sektor tunggal putra juga makin sengit.

Selain Viktor Axelsen dari Denmark, ada juga Chou Tien Chen asal Chinese Taipei, tunggal putra Malaysia Lee Zii Jia, hingga andalan Thailand Kunlavut Vitidsarn. "Semoga saya bisa menampilkan performa semaksimal mungkin, syukur-syukur juara," kata Jojo, sapaan akbran Jonatan.

"Saya akan fokus ke satu pertandingan ke pertandingan berikutnya. Saya harus siap menghadapi pertandingan yang ada di depan mata dahulu."

 

4 dari 4 halaman

70 persen

Indonesia Masters 2022 adalah kejuaraan pertama yang diselenggarakan dengan kehadiran penonton di tengah pandemi Covid-19. Menurut Alex Tirta, mengikuti anjuran pemerintah, maksimal baru sekitar 70 persen penonton yang bisa hadir dari kapasitas Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Selain itu, seperti perintah Bapak Presiden Jokowi  karena berlangsung di dalam ruangan, penonton wajib menggunakan masker. Penonton disyaratkan telah menerima vaksinasi lengkap, termasuk booster. Nantinya akan diskrening lewat aplikasi PeduliLindungi," pungkas Alex Tirta.