Sukses

Belum Ada Gol, Indonesia vs Thailand Berlanjut ke Perpanjangan Waktu

Belum ada gol tercipta pada 90 menit laga Timnas Indonesia U-23 dan Thailand U-23 di semifinal SEA Games 2021. Pertandingan di Thien Truong Stadium, Kamis (19/5/2022) pun berlanjut ke perpanjangan waktu.

Liputan6.com, Nam Dinh - Belum ada gol tercipta pada 90 menit laga Timnas Indonesia U-23 dan Thailand U-23 di semifinal SEA Games 2021. Pertandingan di Thien Truong Stadium, Kamis (19/5/2022) pun berlanjut ke perpanjangan waktu.

Pemenang laga ini akan menghadapi Vietnam atau Malaysia yang baru bertanding malam nanti.

Pelatih timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong membuat kejutan dengan menempatkan Rachmat Irianto di sektor kanan pertahanan.

Dengan Asnami Mangkualam menghilang pada pertandingan karena akumulasi kartu, Shin Tae-yong diprediksi menurunkan bek kanan pelapis Ilham Rio Fahmi. 

Namun sosok asal Korea Selatan itu mempercayakan posisi kepada Rachmat Irianto. Shin Tae-yong juga mempertahankan Marcelino Ferdinan di starting XI. Sementara Irfan Jauhari mengisi posisi ujung tombak. 

Tidak ada nama Saddil Ramdani di tim utama. Dia baru kembali bergabung dengan timnas U-23 setelah pergi ke Malaysia demi menunaikan kewajiban profesional bersama Sabah FC. Saddil Ramdani hanya ada di bangku cadangan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalan Pertandingan

Dengan komposisi ini, timnas U-23 mendapat peluang di awal laga. Sayang tendangan bebas Marc Klok sedikit melenceng di sisi kanan gawang Thailand. Tidak lama berselang, Egy Maulana Vikri melepas umpan berbahaya yang dibuang pemain bertahan lawan. 

Setelah itu kedua tim gagal menciptakan peluang berarti. Gelandang Thailand Ben Davis akhirnya melepas tendangan jarak jauh yang memaksa Ernando Ari bekerja.

Situasi bola mati kembali jadi harapan timnas U-23. Tendangan bebas Egy Maulana Vikri menemui kepala Rizki Ridho. Sayang tandukannya belum menemui sasaran. Begitu pula usaha Chayapipat Supunpasuch dari jarak jauh.

Tidak ada gol tercipta hingga turun minum.

Selepas jeda, Thailand U-23 mengambil inisiatif permainan. Gajah Perang menghasilkan di awal babak kedua. Umpan Chayapipat Supanpasuch menemui Ekanit Panya di kotak penalti. Beruntung tembakannya melenceng. 

Dalam situasi tertekan, Shin Tae-yong memasukkan Saddil Ramdani dan Syahrian Abimanyu. Mereka menggantikan Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman.

Dengan laga berlangsung ketat, Indonesia mendapat rangkaian sepak pojok saat laga menyisakan 15 menit. Salah satunya berujung tandukan Marc Klok yang membuat kiper Thailand Kawin Thamsatchanan pontang panting. Thamsatchanan lalu mementahkan tendangan bebas Syahrian Abimanyu.

Di atas angin, timnas U-23 terus menekan. Egy Maulana Vikri lolos dari offside dan berhadapan dengan penjaga gawang. Sayang tendangannya tepat mengarah tangkapan Thamsatchanan.

Belum adanya gol membuat laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Indonesia U-23: Ernando Ari Sutaryadi; Rachmat Irianto, Fachrudin Ariyanto, Rizki Rido, Alfeandra Dewangga; Marc Klok, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya; Egy Maulana Vikri, Irfan Jauhari, Witan Sulaeman

Thailand U-23: Kawin Thamsatchanan, Nakin Wisetchat, Jonathan Khemdee, Airfan Doloh, Chonnapat Buaphan, Worrachit Kanitsribampen, Korawich Tasa, Chonnapat Buaphan, Benjamin James Davies, Weerathep Pomphun, Chayapipat Supunpasuch

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.