Sukses

Piala Thomas 2022: Anthony Sinisuka Ginting Ungkap Sosok Penting di Balik Kemenangan Perdananya

Liputan6.com, Jakarta Anthony Sinisuka Ginting berhasil menyumbangkan poin perdananya di Piala Thomas 2022 yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Kamis (12/5/2022) malam WIB. 

Dia berhasil mengalahkan pebulu tangkis asal Tiongkok, Zhao Junpeng, dengan skor 21-12, 25-27, dan 21-17. Ini merupakan kemenangan perdana Ginting setelah harus mengalami 3 kekalahan beruntun di fase penyisihan grup A. 

“Ya pastinya, pertama coba buat lebih terus. Maksudnya 3 kali kalah di babak penyisihan grup ada rasa sedih dan kecewa kalah terus dan belum bisa balik ke performa terbaik,” ucap Anthony dilansir dari instagram @badminton_talk.

Pebulu tangkis yang berusia 25 tahun ini juga menyebut sosok Hendra Setiawan yang terus mendukungnya dan memberikan motivasi meski dia sempat terpuruk. 

"Kemaren coba main sama ko Hendra juga, dia bilang tidak apa-apa coba terus sampai nemu feeling dan pikiran di lapangan. Puji Tuhan, hari ke hari lebih baik,” tutur Anthony. 

Menurutnya, motivasi dan dukungan dari sang kapten sangat berpengaruh bagi perjalanan Ginting saat bermain. 

"Pengaruh banget, soalnya di pasti pernah disituasi kayak gini. Ini yang buat saya banyak belajar dan ga gampang nyerah.” 

2 dari 4 halaman

Bertemu Jepang di Semifinal

Ginting juga menambahkan bahwa permainan hari ini belum seutuhnya baik. Dia kerap kali bingung ketika kehilangan 2 atau 3 poin. 

“Meskipun udah baik tapi cuma belum baik banget. Hilang dua atau tiga poin jadi bingung lagi. Di set ketika juga sama cuma inget lagi harus cepet balik lagi,” ucap Anthony. 

Di partai semifinal, Indonesia akan bertemu dengan Jepang. Ginting pun tidak tahu ketika diberitahu bahwa tunggal putra Jepang, Kento Momota sedang mengalami kondisi yang sama dengannya, yakni kalah di babak penyisihan. 

“Momota mungkin dalam kondisi yang sama, saya juga melakukan hal yang sama semoga kita bisa balik lagi.”

3 dari 4 halaman

Ke Semifinal

Tim Indonesia akhirnya berhasil melaju ke babak semifinal Piala Thomas 2022 usai menyingkirkan China 3-0. Setelah Anthony, dua wakil Indonesia lainnya juga berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Pasangan gado-gado Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo kemudian memperbesar keunggulan Merah Putih usai membekuk Liu Yuchen/Ou Xuanyi.

Jonatan Christie lalu memastikan kemenangan Indonesia menyusul kemenangan atas Li Shi Feng. Dengan hasil ini, ganda kedua Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan tunggal ketiga Shesar Hiren Rhustavito tidak perlu bermain. (Simak berita selengkapnya di sini).

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Jumat, 13 Mei 2022

18.00 WIB: Indonesia vs Jepang

 

Penulis: Jesslyn Koesman