Sukses

Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022: Pelatih Beri Evaluasi untuk Ganda Campuran Indonesia yang Belum Tampil Maksimal

Ganda campuran Indonesia belum menampilkan penampilannya yang maksimal di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 maka dari itu, pelatih ganda campuran, Amon Santoso memberikan evaluasi agar lebih baik ke depannya.

Liputan6.com, Jakarta Tiga ganda campuran pelatnas tidak berhasil melangkah lebih jauh di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022. Pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus terhenti di babak perempat final sementara Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso kalah di babak 16 besar. 

Selanjutnya, pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati harus mengakui keunggulan wakil Jepang pada babak awal. Melihat hasil tersebut, pelatih ganda campuran Indonesia, Amon Santoso memberikan evaluasnya kepada setiap pasangan. 

“Untuk Rinov/Pitha terlepas dari permainan kemarin, sudah bagus penampilannya. Hanya dalam servis pembukaan terutama Pitha harus ada perbaikan juga di pertahanan mereka,” ujar Amon.

“Untuk Adnan/Mychelle mereka masih sering melakukan kesalahan sendiri dan konsentrasi dalam bertanding kurang maksimal. Sebenarnya walau menghadapi pasangan-pasangan top, mereka harusnya bisa memberikan perlawanan yang lebih baik,” sahut Amon. 

Sementara itu, untuk Rehan/Lisa, Amon berharap mereka bisa terus menambah jam terbang di turnamen-turnamen international. 

“Untuk Rehan/Lisa mereka masih kurang pengalaman dan kelihatan sekali demam panggung apalagi langsung menghadapi pemain-pemain level atas. Perlu keberanian buat mereka dan juga jam terbang yang lebih lagi,” papar Amon. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Medali Emas di SEA Games

Pada kesempatan yang sama, Amon berharap pengalaman di Kejuaraan Asia 2022 ini bisa menjadi tambahan motivasi bagi ketiganya untuk berkembang lebih baik. Terutama bagi Rinov/Pitha dan Adnan/Mychelle yang akan bertarung di SEA Games 2021 bulan depan. 

“Untuk SEA Games nanti, kami mesti mendapatkan hasil yang baik. Rinov/Pitha dan Adnan/Mychelle ada persiapan sedikit untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan mereka. Target kami medali emas,” tegas Amon. 

Indonesia sudah tidak menyisahkan satu pun pasangan ganda campuran pada ajang Kejuaraan Asia ini. Praveen Jordan/Melati Daeva yang berhasil sampai di babak semifinal ini harus terpaksa mundur karena mengalami cedera pinggang. 

3 dari 3 halaman

Rekap Pertandingan Ganda Campuran

1. Rinov Rivaldy/Pitha H Mentari

- Babak 32 besar vs Tang Chun Man/Tse Ying Suet (6/Hong Kong China), 21-10, 21-19 

- Babak 16 besar vs Hussein Zayan Shaheed/Fathimath Nabaaha Abdul Razzaq (Maladewa), 21-7, 21-6

- Babak Perempat Final vs Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (3/China), 13-21, 11-21

2. Adnan Maulana/Mychelle C Bandaso 

- Babak 32 besar vs bye

- Babak 16 besar vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (1/China), 11-21, 13-21

3. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati 

- Babak 32 besar vs Yuta Watanabe/Arisa Higashino (2/Jepang), 5-21, 12-21 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.