Sukses

Tak Pasang Target Tinggi, Timnas Basket 3x3 Diharapkan Tampil Maksimal di ABL

Timnas Basket 3x3 akan mengikuti ABL yang dilangsungkan di Bali, Sabtu (16/4/2022) hingga Minggu (17/4/2022). EA Games.

Liputan6.com, Jakarta PP Perbasi tidak pasang target tinggi kepada Timnas Basket 3x3 Indonesia Putra yang akan ikut ASEAN Basketball League (ABL) 3x3 International Champions Cup 2022 di Bali. 

Hal ini dikarenakan karena ABL merupakan turnamen pemanasan timnas sebelum akhirnya akan berlaga di SEA Games 31, Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei 2022 mendatang. 

Selain sebagai pemanasan jelang SEA Games, ajang ini juga akan mematangkan strategi permainan para pemain. Karena itu, Timnas Bola Basket 3x3 Indonesia membawa seluruh pemain yang mengikuti pemusatan latihan.

“Kami berharap Timnas Basket 3x3 Putra memanfaatkan betul ajang itu untuk mematangkan chemistry antarpemain. Dengan kekompakan yang terus diasah, saya yakin kita akan mendapatkan hasil terbaik di SEA Games nanti,” terang Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi dilansir dari keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Jumat (15/4/2022). 

Tahun ini, timnas bola basket Indonesia menargetkan medali emas pada SEA Games 2021. Hal ini dijelaskan  Ali Budimansyah, Pelatih Timnas 3x3 setelah melihat peta persaingan di Hanoi. 

Menurutnya, kekuatan Filipina tidak akan sama dengan SEA Games terakhir karena kala itu mereka menggunakan pemain terbaiknya saat menjadi tuan rumah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dua Tim

Di ABL 3x3 International Champions Cup 2022, Timnas Basket 3x3 Putra berkekuatan sembilan pemain. Nantinya, mereka akan dibagi menjadi dua tim yang terdiri dari Timnas A dan Timnas B. 

Timnas A akan diisi oleh Jamarr Johnson, Oki Wira, Surliyadin, dan Muhammad Sandy Ibrahim. Sementara timnas B akan ada Dame Diagne, Kevin Moses, Nickson Gosal, dan Modou Kane. 

Pada ABL 3x3 ini, timnas A akan bertanding melawan klub Zamboanga Valiantes (Filipina), SniperX (Thailand). Kemudian timnas B bersama Shoot It Dragons (Thailand), Saigon Heat (Vietnam), dan Harimau Malaya. 

3 dari 3 halaman

Prestasi Baik di SEA Games 2019

Pada SEA Games 2019, tim basket 3x3 Indonesia harus mengakui keunggulan 17-19 dari Vietnam di babak penyisihan grup. Namun, Indonesia yang menurunkan pemain-pemain lokal itu mampu membalas kekalahan dengan menyingkirkan Vietnam di babak empat besar dengan skor 20-18 untuk melaju ke final. 

Di babak final, Timnas Basket 3x3 Indonesia harus mengakui kegigihan dari tim tuan rumah Filipina yang mayoritas diperkuat pemain keturunan Filipina-Amerika. 

Penulis: Jesslyn Koesman

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.