Sukses

Jadwal Korea Terbuka 2022: Jonatan Christie dan Fajar/Rian Siap Rebut Gelar Juara di Partai Final

Simak jadwal atlet Indonesia yang akan melanjutkan perjuangan meraih medali di kejuaraan super 500, Korea Terbuka 2022 yang akan dilangsungkan di Palma Indoor Stadium, Minggu (10/4/2022).

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menyisahkan dua wakil pada partai final Korea Terbuka 2022. Jonatan Christie dan Fajar/Rian akan melakoni final yang dilangsungkan di Palma Indoor Stadium, Suncheon, Minggu (10/4/2022). 

Di nomor ganda putra, Indonesia gagal menciptakan all-Indonesian final. Pasalnya, pasangan senior Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan harus mengakui keunggulan pasangan non-unggulan Korea dengan tiga gim 21-16, 17-21, 21-9. 

Pebulu tangkis Indonesia memang sudah memastikan satu tiket ke final melalui sektor ganda putra karena terjadi perang saudara di babak semifinal yang harus dimenangkan oleh Fajar/Rian. 

Sementara Jonatan Christie juga berhasil melesat ke final setelah mengalahkan mantan unggulan pertama dari India, Kidambi Srikanth dalam waktu 49 menit dengan 2 gim langsung 21-19 dan 21-16.

Dengan dua wakil ini, Indonesia berusaha untuk mengulang prestasi di Korea Terbuka 2019. Pada 2019, Fajar/Rian berhasil menundukkan ganda putra Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dengan dua gim. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aksi Rinov/Pitha

Sayangnya, Indonesia harus memulangkan 3 wakil yang gagal merebut tiket ke partai final Korea Terbuka 2022. Mereka adalah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana. 

Satu-satunya ganda campuran Indonesia tersebut harus mengakui keunggulan dari wakil Malaysia Unggulan kedua dengan straight game, 21-13 dan 22-20. 

Dalam jalannya pertandingan, Tan/Lai memang memaksa Rinov/Mentari untuk melakukan set-set panjang hingga interval pertama yang berhasil diambil oleh wakil Malaysia. Setelah interval, pasangan Tan/Lai terlihat lebih berani dan nyaman sehingga mereka mengamankan gim pertama dengan 21-13. 

Di gim kedua, Rinov/Mentari memang tidak ingin memberikan poin kepada pasangan Malaysia ini. Rinov bermain sangat bagus di belakang dan Mentari menjaga area depan dengan rapat. Kedua pasangan ini sempat kejar-kejaran skor hingga poin ke 20-20. 

Kemenangan ini dkahirnya dimiliki oleh wakil Malaysia, setelah smash kencang yang dilontarakan Rinov berujung keluar. 

3 dari 4 halaman

Langkah Dua Ganda Putra Indonesia Kandas

Langkah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga harus terhenti di semifinal. Mereka dikalahkan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae dengan 3 gim 16-21, 21-17, dan 9-21. 

Ahsan/Hendra memang tertinggal sejak awal gim. Penempatan bola-bola dari pasangan Korea ini kerap kali menyulitkan Ahsan/Hendra. Pengembalian bola dari Hendra Setiawan juga kerap kali out dari lapangan. 

Pada gim kedua, Ahsan/Hendra terlihat lebih agresif dan beberapa kali terlihat melontarkan smash-smash kencang sehingga mereka bisa mengamankan permainan kedua. 

Pertandingan pun harus dipaksa ke gim ketika, Ahsan/Hendra justru terlihat kehilangan fokus dan sempat tertinggal 0-3 di awal pertandingan. Pada akhirnya, Ahsan/Hendra harus kalah 9-21. 

Sementara itu, pemenang All England 2022, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana harus mengakui keunggulan pasangan seniornya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. 

Fikri/Bagas memang terlihat sulit menyamakan permainan dengan pemenang Swiss Terbuka 2022 ini. Hal ini terlihat saat interval pertama yang sulit dikejar oleh Fikri/Bagas sehingga Fajar/Rian harus melesat cepat menutup set pertama. 

Di gim kedua, Bagas/Fikri kembali kesulitan untuk mengejar gap poin dari pasangan seniornya. Fajar/Rian pun akhirnya berhasil menutup kemenangan perang saudara dengan skor 21-12 dan 21-9. 

4 dari 4 halaman

Jadwal Atlet Indonesia

Korea Terbuka 2022 berlangsung di Palma Indoor Stadium mulai dari 5 April hingga 10 April 2022. Kejuaraan ini masuk kategori Super 500 dan berhadiah 360 ribu USD atau setara Rp5,1 Miliar.

Berikut jadwal final turnamen, Minggu (10/4/2022):

Lapangan 1: 

Pertandingan ke-3: Jonatan Christie (3) vs Weng Hong Yang (Tiongkok) 

Pertandingan ke-5: Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto (4) vs Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea) 

 

Pertandingan akan dimulai pukul 09.00 WIB

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.