Sukses

Bola Ganjil: Tua-Tua Keladi, Lebih Senior dari Pelatih Sendiri dan Lawan

Sudah melewati 50 tahun, Kazuyoshi Miura kerap lebih tua dari pelatih klub sendiri. Beberapa kali dia juga menghadapi arsitek lawan yang lebih muda. Siapa lagi selain Miura yang pernah mengalami ini?

Liputan6.com, Jakarta - Usia adalah musuh setiap atlet. Bertambahnya umur membuat mereka kesulitan menjaga performa di level tertinggi.

Hukum alam ini membuat muncul anggapan usia emas. Pada rentan inilah atlet dipercaya dalam kondisi terbaik sehingga memetik prestasi.

Tentu tetap ada pengecualian. Para atlet ini sukses melawan waktu dan aktif berkompetisi melampaui batas wajar. Di beberapa cabor dengan usia kerap tidak jadi pembeda, salah satunya sepak bola, para atlet ini bahkan bisa lebih tua dari pelatih.

Situasi demikian bisa membuat keadaan canggung. Apalagi jika sang pemain lebih senior dari pelatih dua tim dalam satu pertandingan.

Kazuyoshi Miura bakal sering mengalaminya karena terus bermain memasuki kepala lima. Kelahiran 1967, King Kazu yang memperkuat Yokohama FC sebenarnya berhak mengomeli pelatihnya Takahiro Shimotaira (kelahiran 1971). Begitu pula kala dia meladeni Ehime FC yang ditangani Kenta Kawai (kelahiran 1981) pada November 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gianluigi Buffon

Dari Italia, Gianluigi Buffon merasakan pengalaman serupa saat membela Juventus. Pada 12 Mei 2021, kiper legendaris kelahiran 1978 ini menghadapi Sassuolo bersama La Vecchia Signora.

Saat itu kedua tim ditangani Andrea Pirlo (Juventus) dan Roberto De Zerbi (Sassuolo). Kedua arsitek lahir tahun 1979.

 

3 dari 4 halaman

Naldo

Miura dan Buffon mungkin tidak bakal mengalami ini jika bukan karena tren pelatih muda. Pemilik kebijakan di bangku cadangan pada beberapa tahun terakhir bisa berumur awal 30an.

Julian Nagelsmann adalah salah satu pelatih belia yang bersinar. Lahir Juli 1987, dia sudah bekerja bersama Hoffenheim sejak 2016.

Musim 2017/2018 dan 2018/2019, Nagelsmann menghadapi arsitek muda lain yakni Domenico Tedesco. Sosok kelahiran September 1985 itu menangani Schalke 04.

Dalam dua musim tersebut, ada satu pemain yang turun di lapangan dan lebih tua dari Nagelsmann dan Tedesco. Dia adalah Naldo, bek asal Brasil yang lahir September 1982.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.