Sukses

Jadi Juara di BRI Liga 1 2021/2022, Simak 4 Fakta Menarik soal Bali United!

Liputan6.com, Jakarta - BRI Liga 1 2021/2022 resmi menyelesaikan pertandingan terakhirnya, Kamis (31/3/2022). Bali United FC menyempurnakan catatan sebagai juara musim ini dengan menekuk Persik Kediri di laga pemungkas.

Serdadu Tridatu menang 3–1 berkat gol yang dilesakkan oleh Ilija Spasojevic, Muhammad Rachmat, dan Stefano Lilipaly. Sementara itu, satu angka milik Persik merupakan hasil gol bunuh diri Andika Wijaya di menit ke-27.

Laga antara Bali United dan Persik Kediri sejatinya sudah tak mempertaruhkan apapun. Meski demikian, Persik nampaknya ogah membiarkan Bali United pesta gol. Skuad asuhan Stefano Cugurra pun turut menunjukkan perlawanan serius.

Angka pertama dibukukan oleh Ilija Spasojevic yang sukses memanfaatkan bola muntah pada menit ke-14. Persik Kediri menyamakan kedudukan menjadi 1–1 usai bek Bali United Andika Wijaya melesakkan gol bunuh diri.

Di menit ke-29, Bali United kembali unggul 2–1 berkat gol Muhammad Rachmat yang memanfaatkan umpan dari Irfan Jaya. Serdadu Tridatu memperlebar jarak di babak kedua, setelah Setafano Lilipaly mencatatkan namanya di papan skor.

Capaian tersebut membawa Bali United teguh bertengger di puncak klasemen akhir BRI Liga 1 musim 2021/2022 dengan torehan 75 poin. Di sisi lain, Persipura Jayapura harus merasakan pahitnya degradasi usai finis di peringkat 16.

Simak lima fakta menarik seputar kemenangan Bali United di BRI Liga 1 musim ini pada halaman selanjutnya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Juara Dua Kali Berturut-turut

Kesuksesan Bali United keluar sebagai kampiun BRI Liga 1 2021/2022 tak hanya menjadi prestasi baru bagi Serdadu Tridatu. Capaian tersebut juga menandai keberhasilan kedua berturut-turut bagi Bali United untuk merajai kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Seperti yang telah diketahui, Stefano Lilipaly cs juga sempat menyandang predikat sebagai juara BRI Liga 1 2019. Catatan positif musim ini membuat Bali United resmi menjadi tim pertama yang menjuarai Liga 1 dua kali berturut-turut (back-to-back) setelah era 1994.

Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya, dan Persik Kediri sejatinya juga telah mengoleksi dua gelar Liga 1 Indonesia sejak periode tersebut. Namun, titel itu tak diraih secara berturut-turut, seperti yang dilakukan oleh Bali United.

3 dari 6 halaman

2. Tak Selalu di Puncak Klasemen

Bali United sebenarnya tak selalu berada di posisi teratas klasemen sementara, sepanjang pelaksanaan BRI Liga 1 2021/2022. Klub yang ditukangi oleh Stefano Cugurra alias Teco ini baru kembali menjadi pemuncak saat kompetisi memasuki pekan ke-27.

Solidnya permainan membuat Serdadu Tridatu tampil nyaris tanpa cela. Mereka sempat kalah 3–0 dari Persebaya Surabaya pada pekan ke-33. Akan tetapi, hasil itu tak menggeser posisi Bali United dari puncak klasemen.

Serdadu Tridatu pun finis di peringkat satu dengan torehan 75 poin yang diperoleh dari 23 kemenangan, enam hasil imbang, dan lima kekalahan. Sementara itu, posisi tiga besar lainnya diisi oleh Persib Bandung dan Bhayangkara, yang masing-masing mengoleksi 69 serta 66 poin.

4 dari 6 halaman

3. Top Skor: Ilija Spasojevic

Tak hanya berhasil keluar sebagai juara BRI Liga 1 2021/2022, Bali United juga mencatatkan prestasi lain lantaran penggawanya–Ilija Spasojevic–dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak (top scorer) kompetisi musim ini.

Raihan gol Spasojevic disempurnakan dalam laga Bali United vs Persik Kediri. Pesepak bola berusia 34 tahun itu menyumbang angka pembuka sekaligus mengantar Serdadu Tridatu meraih kemenangan, usai melesakkan gol ke gawang Persik Kediri pada menit ke-14.

Capaian tersebut membuat Spasojevic tercatat telah mengoleksi 23 gol sepanjang kompetisi. Ia unggul tiga angka dari Ciro Alves (Persikabo 1973) dan Carlos Fortes (Arema FC) yang hanya mampu membukukan 20 gol.

5 dari 6 halaman

4. Trofi Ketiga Beruntun Stefano Cugurra

Kemenangan Bali United di BRI Liga 1 musim ini makin juga mengukuhkan posisi Stefano Cugurra sebagai salah satu pelatih yang layak ditakuti di jagat sepak bola Tanah Air.

Sebelum menukangi Serdadu Tridatu, Teco diketahui pernah menjabat sebagai pelatih Persija Jakarta. Ia sukses mengantar anak-anak asuhnya meraih kampiun juara di Liga 1 2018.

Tangan dinginnya tak berubah walau bertolak ke Pulau Dewata. Ia kembali merajai BRI Liga 1 bersama Bali United pada musim 2019 dan 2021/22. Dengan demikian, Teco telah mengangkat trofi tiga kali berurut-turut bersama dua tim berbeda sepanjang kariernya di Indonesia.

6 dari 6 halaman

Peringkat

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS