Sukses

Hasil Lengkap BRI Liga 1 2021/2022: Juara, Top Skor, Pemain Terbaik, dan Tim Degradasi

Simak rekap lengkap hasil BRI Liga 1 2021/2022 melalui artikel berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi sepak bola Tanah Air, BRI Liga 1 2021/2022, telah menyelesaikan pertandingan terakhirnya pada Kamis (31/3/2022). Bali United FC keluar sebagai kampiun musim ini usai menekuk Persik Kediri.

Serdadu Tridatu menang 3–1 berkat gol yang dilesakkan oleh Ilija Spasojevic, Muhammad Rachmat, dan Stefano Lilipaly. Sementara itu, satu angka milik Persik merupakan hasil gol bunuh diri Andika Wijaya di menit ke-27.

Capaian tersebut membawa Bali United kokoh bertengger di peringkat satu klasemen akhir BRI Liga 1 musim 2021/2022 dengan torehan 75 poin. Posisi tiga besar lainnya diisi oleh Persib Bandung dan Bhayangkara FC, yang masing-masik mengoleksi 69 serta 66 poin.

Laga antara Bali United kontra Persik Kediri sejatinya sudah tak mempertaruhkan apapun. Meski demikian, Persik ogah membiarkan Bali United pesta gol. Serdadu Tridatu pun turut menunjukkan perlawanan serius.

Angka pertama dibukukan oleh Ilija Spasojevic yang sukses memanfaatkan bola muntah pada menit ke-14. Persik Kediri menyamakan kedudukan menjadi 1–1 usai bek Bali United Andika Wijaya melesakkan gol bunuh diri.

Di menit ke-29, Bali United kembali unggul 2–1 berkat gol Rachmat yang memanfaatkan umpan dari Irfan Jaya. Serdadu Tridatu memperlebar jarak di babak kedua, usai Setafano Lilipaly mencatatkan namanya di papan skor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Top Skor dan Pemain Terbaik

Tak hanya berhasil menyumbang angka kemenangan dalam laga Bali United vs Persik Kediri pada Kamis (31/3/2022), Ilija Spasojevic juga sukses menyandang predikat sebagai top skor BRI Liga 1 musim 2021/2022.

Pesepak bola berusia 34 tahun itu tercatat telah mengoleksi 23 gol sepanjang kompetisi. Hasil ini membuat Spasojevic unggul tiga angka dari Ciro Alves (Persikabo 1973) dan Carlos Fortes (Arema FC) yang hanya mampu membukukan 20 gol.

Adapun gelar pemain terbaik musim ini diraih oleh penggawa Persebaya Surabaya Taisei Marukawa. Titel tersebut didapat berkat penampilan konsisten sang pemain, serta torehan 17 gol dan 10 assist dari total 32 pertandingan yang dilakoninya.

Bersama Marukawa, pemain Persebaya lainnya–Marselino Ferdinan–juga sukses mendapat penghargaan. Ia diganjar titel sebagai pemain muda terbaik usai menunjukkan performa apik bersama skuadnya, meski baru berusia 17 tahun.

3 dari 5 halaman

Degradasi dan Promosi

Sayangnya, kegembiraan Bali United dan sejumlah pemain Persebaya tak turut dirasakan oleh Persipura Jayapura. Sang Mutiara Hitam harus merasakan pahitnya degradasi dalam BRI Liga 1 musim 2021/2022.

Persipura sejatinya berhasil mencetak tiga gol tanpa balas dalam laga pemungkas kontra Persita Tangerang pada Kamis (31/3/2022). Namun, hasil itu tak cukup membuat Mutiara Hitam menyalip Barito Putera yang telah menahan imbang Persib Bandung.

Barito Putera bertengger di peringkat 15 klasemen akhir dengan torehan 36 poin. Sementara itu, Persipura berada di urutan 16 dengan koleksi poin sama, tetapi kalah secara head to head dengan skuad racikan Rahmad Darmawan.

Dengan demikian, Persipura resmi menyusul Persiraga Banda Aceh dan Persela Lamongan yang juga telah dipastikan turun kasta ke Liga 2 musim depan. Posisi ketiga tim ini selanjutnya bakal digantikan oleh Persis Solo, RANS Cilegon FC, dan Martapura Dewa United.

4 dari 5 halaman

Rekap Lengkap Penghargaan BRI Liga 1 2021/2022

Tim Juara: Bali United

Top Skor: Ilija Spasojevic (Bali United)

Pemain Terbaik: Taisei Marukawa (Persebaya)

Pemain Muda Terbaik: Marselino Ferdinan (Persebaya)

Gol Terbaik: Carlos Fortes (Arema FC)

Pelatih Terbaik: Aji Santoso (Persebaya)

Fairplay Team: Madura United

Wasit Terbaik: Thoriq Alkatiri

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.