Sukses

Saksikan Laga BRI Liga 1, Erick Thohir Beber 3 Kunci Kompetisi Sepak Bola Bisa Sukses

Menteri BUMN, Erick Thohir membeberkan tiga kunci agar sepak bola bisa sukses. Hal itu dipaparkan dia usai menyaksikan laga Persebaya Surabaya vs Bali United di pekan ke-33 BRI Liga 1 2021/2022.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN, Erick Thohir membeberkan tiga kunci agar sepak bola bisa sukses. Hal itu dipaparkan dia usai menyaksikan laga Persebaya Surabaya vs Bali United di pekan ke-33 BRI Liga 1 2021/2022.

"Sebenarnya ada tiga. Yang pertama itu kompetisinya harus bersih," kata Erick di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Jumat 25 Maret 2022.

Erick menambahkan, ekosistem sepak bola yang bersih sangat penting. Pasalnya, hal itu akan berdampak kepada daya tarik masyarakat dan sponsor.

Menurut Erick, kompetisi yang tidak bersih hanya akan membuat penyelenggarannya tidak maksimal.

Faktor kedua yang tak kalah penting adalah sponsor. Menurut Erick, kompetisi sepak bola yang bagus pastinya akan mendatangkan sponsor dan uang yang lebih banyak.

"Itu akhirnya akan meningkatkan ekonomi secara menyeluruh juga," ujarnya.

Pertandingan BRI Liga 1 Persebaya vs Bali United sendiri berakhir dengan kedudukan 3-0 untuk Persebaya. Namun Bali United tetap dipastikan menjadi juara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembinaan

Faktor terakhir, kata Erick adalah pembinaan. Menurut dia, tim nasional yang baik akan mendorong liga juga baik.

Erick mencontohkan Amerika Serikat dengan Liga MLS-nya. "Kita lihat Amerika Serikat dulu tidak punya liga, timnasnya baik. Tetapi dengan mereka punya liga, timnas Amerika sekarang cukup stabil," kata Erick.

3 dari 4 halaman

Dampak Ekonomi

Di sisi lain, Erick juga menyinggung dampak BRI Liga 1 kepada ekonomi. Dengan berputarnya kompetisi, sektor ekonomi seperti UMKM juga mendapatkan manfaatnya.

"Ini bagus untuk pertumbuhan ekonomi yang jualaan seperti UMKM, para pemain dll. Paling tidak menggulirkan ekonomi juga," kata Erick.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.