Sukses

Gagal Podium, MotoGP Mandalika 2022 Tetap Spesial untuk Brad Binder

Brad Binder hanya mampu finis di urutan kedelapan pada MotoGP Mandalika 2022.

Liputan6.com, Jakarta Brad Binder gagal meraih podium pada MotoGP Mandalika 2022. Dia hanya finis di urutan ketujuh. Meski demikian, balapan yang berlangsung di Sirkuit Mandalika tersebut terasa spesial baginya. 

Binder, pembalap asal Afrika Selatan mengawali musim MotoGP tahun ini dengan hasil gemilang. Dia berhasil finis di urutan kedua saat tampil di MotoGP Lusail, Qatar, dua pekan lalu. 

Sayang, Binder gagal mengulanginya pada seri kedua yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (20/3/2022). Pada balapan ini, Binder yang mengusung bendera Red Bull KTM hanya mampu finis di posisi ketujuh. Dia kalah cepat 32,413 detik dari rekan satu timnya, Miguel Oliveira yang sukses meraih podium pertama mengalahkan Fabio Quartararo. 

Seperti dilansir dari Motosan, Binder mengaku kecewa dengan hasil yang diraihnya saat balapan. Terlebih dia sebenarnya sangat merasa terampil saat menggunakan ban basah. Hujan yang sempat mengguyur sirkuit seharusnya menjadi keuntungan baginya untuk melaju lebih cepat. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Binder

"Saya kecewa karena saya merasa baik sepanjang akhir pekan, terutama dengan ban basah. Meski diguyur hujan, cengkeraman di trek sangat fenomenal," ujar Binder dilansri dari Motosan. 

"Saya menyelesaikan seluruh balapan dengan perangkat yang terkunci, jadi saya menganggap posisi kedelapan sebagai kemenangan. Jika kami melaju di lintasan kering, saya rasa saya tidak akan mencapai hasil yang sama," beber pembalap asal Afrika Selatan itu menambahkan. 

 

3 dari 4 halaman

Disalip Adik Sendiri

Di luar hasil yang kurang menggembirakan, Binder tidak akan melupakan momen spesial yang dialami pada MotoGP Mandalika 2022. Sebab pada seri kedua tersebut, Binder untuk kali pertama beradu cepat di satu lintasan dengan saudara laki-lakinya, Darryn Binder. Bahkan saat balapan, rider jebolan Moto3 itu sempat melewati Binder. "Saya senang saat adik saya melewati saya," kata Binder. 

"Saat itu, saya sedang menunggu di belakang (Luca) Marini. Kemudian saya coba apa yang saya bisa dan berkata kepada diris endiri kalau saya harus mencobanya. Sangat menyenangkan melihat betapa baiknya saudara saya mengemudi. Saya bangga kepadanya," ujarnya kepada Speedweek.

 

4 dari 4 halaman

Tatap MotoGP Argentina

Binder sendiri tidak ingin terlalu larut pada kekecewaan terhadap hasil MotoGP Mandalika 2022. Sebaliknya, dia sudah mulai mengumpulkan tenaga menatap MotoGP berikutnya di Argentina. 

"Pemberhentian berikutnya adalah Argentina, sirkuit yang sangat saya suka. Ini akan jadi momen pertama saya balapan di sirkuit ini untuk kelas MotoGP. Jadi saya sangat penasan," bebernya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.