Sukses

Indonesia Sudah Lewati Puncak Gelombang Omicron?

Indonesia diklaim telah melewati puncak gelombang Omicron. Hal itu dinyatakan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia diklaim telah melewati puncak gelombang Omicron. Hal itu dinyatakan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

"Setelah melewati puncak Omicron pada 20 Februari lalu, saat ini kasus positif Covid-19 terus menunjukkan penurunan," katanya dalam konferensi pers virtual, Selasa (8/3).

Wiku mengatakan gelombang covid-19 Omicron tergolong singkat. Hal itu tidak hanya berlaku di Indonesia, tetapi juga di banyak negara di dunia.

Menurut data yang diperoleh lembaganya, dalam dua pekan terakhir kasus positif covid-19 menurun hingga 200 ribu. Padahal, kasus sempat meningkat tajam ke angka 400 ribu.

Hal lain yang juga menjadi indikasi adalah menurunnya keterisian tempat tidur rumah sakit rujukan.

Dalam 10 hari terakhir, keterisian tempat tidur berkurang 10,59 persen. Dari sebelumnya mencapai 38,79 persen, kini menjadi 28,2 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasien Sembuh Meningkat

Di sisi lain, jumlah pasien sembuh meningkat. Wiku menyebut pada 20 Februari 2022, kesembuhan Covid-19 menurun ke angka 86 persen dari sebelumnya 96 persen. Sedangkan saat ini meningkat menjadi hampir 90 persen.

Penurunan terjadi setelah delapan pekan sebelumnya kasus aktif Covid-19 mengalami kenaikan. Meski demikian, kasus aktif terbilang masih tinggi. Data 7 Maret 2022, jumlah kasus aktif sebanyak 448.273.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Adalah