Sukses

PBESI Panggil 75 Atlet Esports Untuk Ikut Pemusatan Latihan, Indonesia Targetkan Emas SEA Games 2021

Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) memanggil 75 atlet Esports untuk mengikuti pemusatan latihan jelang SEA Games 2021, Hanoi, Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta- Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) memanggil 75 atlet Esports untuk mengikuti pemusatan latihan jelang SEA Games 2021, Hanoi, Vietnam yang akan diadakan pada 12 hingga 23 Mei 2022 mendatang. 

Tahun ini, Indonesia akan mengirimkan atlet terbaik untuk bertanding di 10 nomor game, yaitu Mobile Legends Bang Bang (Mobile), Arena of Valor (Mobile), Fifa 4 (PC), League of Legends Wild Rift Man and Women (Mobile), Free Fire (Mobile), PUBGM Group and Solo (Mobile), Crossfire (PC), dan League of Legends (PC). 

Nantinya, dalam pemusatan latihan yang akan dilakukan di Jeep Station Indonesia, Mega mendung, Bogor pada 1-9 Maret 2022 ini, para atlet akan kembali diseleksi untuk membela Indonesia di SEA Games 2021. 

Ketua Harian PBESI, Bambang Sunarwibowo menjelaskan kepada Liputan6.com, agar atlet, offisial dan manajemen harus membangun chemistry agar dapat mengharumkan nama Indonesia di kanca internasional

“Membangun chemistry, tunjukan performa dan hilangkan latar belakang kedaerahan atau klub-klub yang dulu. Kali ini, kita akan membawa nama Indonesia dalam SEA Games ini,” ucap Bambang Sunarwibowo pada konferensi pers, Kamis (24/2).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Target Manager Esports Nasional Indonesia

Pada SEA Games 2021 yang akan diselenggarakan di Hanoi, Vietnam ini, Manager Esports Nasional Indonesia, Erlangga Putra menargetkan emas pada cabang olahraga Mobile Legends Bang Bang. 

“Kita berharap semua mendapatkan medali, tapi juga harus realistis. Salah satu cabang olahraga yang kita targetkan adalah Mobile Legend Bang Bang,” ucap Erlangga. 

Dia mempunyai alasan tersendiri menargetkan Mobile Legend mendapatkan emas di SEA Games 2021. 

“Indonesia pernah menjadi juara dunia mobile legend pada tahun 2019, dan bukan tidak mungkin untuk kita menjuarai SEA Games tahun ini.”

Tak hanya itu, Manager Esports Nasional Indonesia juga menambahkan bahwa tim tuan rumah Vietnam dan Filipina merupakan lawan terberat di SEA Games 2021. Namun, dia menanggapi hal tersebut sebagai sebuah motivasi. 

“Kita menganggap semua lawan sama saja, agar mental terjaga dan target kita mengambil emas,” pungkas Erlangga pada Kamis (24/2). 

3 dari 4 halaman

Harapan Ketua Harian PBESI

Sementara itu, Ketua Harian PBESI berharap agar dapat memajukan Esports di kanca internasional. PBESI juga telah membuktikan dengan adanya pembinaan di seluruh Indonesia mulai dari lokal, nasional, dan internasional seperti di PON Papua 2021 lalu. 

Dia juga berharap agar setiap atlet, ofisial, dan manajemen memanfaatkan waktu dengan baik untuk meningkatkan kemampuan dan bisa menoreh prestasi yang terbaik pada SEA Games 2021. 

“Saya berharap untuk waktu yang ada dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi untuk bisa mengukir sejarah yang terbaik di negara kita. Kemampuan profesional yang bisa ditunjukkan yaitu semangat anak-anak muda yang membawa Merah putih di SEA Games 2021 ini. 

4 dari 4 halaman

Daftar Atlet dan Pelatih yang Ikut Pemusatan Latihan Esports

Daftar Atlet

PUBG: Muhammad Albi, Made Bagas, Made Bagus, Alan Reynold, Joshua Cheng, Sakaria Hontong, Inzagi Karundeng, Eksarachman Jayanto, Jason, Maulana Bagas Ramadhan, Muhammad Firdaus, Akbar Aditya, Firman Maulana, Putra Renaldy Pitoy, Nizar Lugatio Pratama, dan Kautsar Faruqurrohman. 

Mobile Legends Bang Bang: Yesaya Omega Armando, Albert Nielsen Iskandar, Rivaldi Fatiah, Calvin, Deden Muhammad Nurhasan, Calvin Winata, Gilang, Muhammad Satrya Sanubari, Ricky Fernando, Adriand Larsen Wong, Frengki, Novianda Kusuma Prapanca, Riandy, Kevin Almeyda, Rasyid Sidik, Ayka Azra, Andre Pramuda Dinata, Jason Hanes, dan M Ridho Noval.

FIFA Online 4: Fahmi Hussein, Rizky Faidan, Ega Rahmaditya, Khairul Anam, dan Muhammad Akbar 

Arena of Valor: Agung Budi Prasetyo, Dimas Kharisma, Asep Wu, M. Fikri, Emanuel Hendo Paska, Muhammad Ferisko, Farhan Akbari Ardiansyah, Mahendra Wibawa Budi Putra, dan Haikal Qolbi Al Qosam. 

Cross Fire: Yudi Kurniawan, Samuel Santosa, Jason Adrian, dan Riddho Muhram

Wild Rift - Men: Tegar Dwi Wahyudi, Bashori Alwi Yusup, Adi Riansyah, Peter Tjahjadi, Charles, Alvin Reyvaldo, Muhammad Aiman, Muhammad Idrus, dan Surya Adi.

Wild Rift - Woman: Raisa Silvya, Hashina Fathi Ramadhini, Rizki Catur Wulandari, Olivia Benita Wijaya, Jenifer Priscilla Suantoro, Elsa Alyvia, Elvina Metalia, Herlinda Rosida, Metha Lielle Mei Ling, dan Raden Roro Larhas Harvidiany. 

League of Legends: Raphael Joseph Resik, dan Stefanus

Free Fire: Radi Aidil Fitrah, Muhammad Fikri Alief Pratama, Sapri Danmas Budiana, Ilham Mustakin, Raihan Maghfur, Mochaemad Hasrul EJP, Fahrul Saeful Hidayat, Muhamad Daffa, Ryan, Arjuno Ginarto, dan Mario Mamahit.

Daftar Pelatih

PUBGM Squad: Andre Harwin

PUBGM Solo: Jeffry Hariwijaya

MLBB: James Chen

Fifa Online 4: Andy Wong

AOV: Priyagung Satriono

Crossfire: Dayllen Effendi Putra

WR Men: Jeremy Triputro Yulianto 

WR Women: Henry Louis

LOL: Tamado Simon

Free Fire: Muslih Wahyudi Rachmadn 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.