Sukses

Mengenal Derrick Michael Xzavierro, Pebasket Muda Indonesia yang Menimba Ilmu di NBA Global Academy

Simak profile Derrick Michael Xzavierro, pemain muda Indonesia yang berpotensi bermain di NBA.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Derrick Michael Xzavierro membuat bangga orang Indonesia karena berhasil masuk NBA Global Academy di Australia. Pemuda kelahiran 1 April 2003 itu bergabung di NBA Global Academy sejak tahun 2021 lalu. 

Seperti diketahui, NBA Global Academy adalah lembaga pendidikan pengembangan bola basket elit sepanjang usia yang memberikan prospek kepada anak-anak usia sekolah menengan atas dari luas AS. 

Kecintaan Derrick terhadap dunia basket sudah terlihat sejak usia muda. Terlebih dengan tinggi badannya yang mencapai 206 sentimeter saat memasuki usia 18 tahun.

Tubuh tinggi Derrick didapat dari sang ayah Lazare, pria berdarah Kamerun yang juga mempunyai postur tinggi. Sementara ibunya adalah perempuan asal Sumatera Utara. 

Nama Derrick makin dikenal ketika debut bersama Timnas Senior Indonesia pada Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 saat melawan Korea Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penampilan Derrick Michael di Timnas

Derrick Michael mencatatkan debutnya dengan timnas basket senior Indonesia saat usianya yang baru menginjak 16 tahun. Saat itu, Indonesia bertemu dengan Korea Selatan pada pertandingan perdana Grup A Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. 

Pertandingan tersebut berlangsung di Mahaka Arena, Kelapa Gading. Meski Indonesia kalah 76-109 di pertandingan tersebut, Indonesia sempat membuat Korea Selatan kesulitan menghasilkan poin. 

Derrick Michael melakoni debut pada kuarter keempat yang menyisahkan 2 menit lagi. Dengan waktu minim, dia mencatat dua rebound.

3 dari 3 halaman

Belajar dan Latihan

Sembari bergabung di NBA Global Academy, Derrick tak lupa menyeimbangkan latihannya sambil mengikuti kelas-kelas tambahan untuk meningkatkan kemampuannya berbahasa inggris. 

NBA Academy terbukti dapat membantu pemain untuk mengembangkan performanya hingga menjadi pemain NBA. Salah satu kesuksesan alumni NBA Academy, Josh Giddet yang bergabung di NBA melalui proses Draft tahun 2021. 

Derrick melihat kesuksesan Giddey dan menjadikan dia sebagai motivasi agar terus maju untuk menjadi pemain basket profesional.

 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.