Sukses

7 Fakta Menarik Liga Inggris Pekan Ini dalam Angka

Simak tujuh fakta menarik pada matchday ke-26 Liga Inggris musim 2021/22

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh pertandingan Liga Inggris matchday ke-26 sudah berakhir. Sepuluh pertandingan dimainkan tanpa ada yang ditunda. 

Kejadian seru dan menarik turut menghiasi seluruh pertandingan yang terlaksana. Momen tak terduga pun turut hadir mewarnai beberapa pertandingan.

Sebut saja keberhasilan Tottenham Hotspur menekuk pemuncak klasemen Liga Inggris. Pasukan Antonio Conte mempermalukan Manchester City 3-2 di Etihad Stadium, Minggu (20/2/2022) dini hari WIB.

The Lilywhites mengamankan poin penuh usai mencetak gol krusial pada akhir paruh kedua. Mega bintang Spurs Harry Kane menceploskan bola di menit ke-90+5.

Lantas, fakta menarik apalagi yang terjadi dalam pertandingan Liga Inggris pekan ini? Simak tujuh fakta menarik Liga Inggris yang tertuang dalam angka seperti dilansir ESPN:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1

Manchester United (MU) sukses melesatkan gol pertamanya dengan memanfaatkan skema sepak pojok. Luke Shaw berhasil mengirimkan umpan matang yang mampu disambut dengan baik oleh Harry Maguire pada menit ke-34.

Gol ini terjadi kala MU menaklukan Leeds United 4-2 di Elland Road, Minggu (20/2/2022) malam WIB. Gol ini pun menjadi yang perdana melalui sepak pojok usai 138 percobaan yang dilakukan MU sebelumnya.

3 dari 8 halaman

4

Kemenangan 3-2 atas Manchester City menjadikan Tottenham Hotspur sebagai tim keempat yang berhasil menaklukan The Citizens dalam dua pertemuan sekaligus (Home & away).

Sebelumnya, sudah ada tiga klub Liga Inggris yang berhasil mengalahkan tim besutan Pep Guardiola tersebut. Tercatat, Chelsea (2016/17), Manchester United (2019/20), dan Wolverhampton Wanderers (2019/20) sukses menaklukan Manchester City pada dua pertandingan di dalam satu musim yang sama.

4 dari 8 halaman

10

Selain sukses mencetak gol perdananya melalui skema sepak pojok, MU juga berhasil memaksimalkan skema pergantian pemain. Setan Merah tercatat telah mengemas 10 gol melalui seorang pemain pengganti.

Dalam laga kontra Leeds United, dua pemain pengganti yang dimasukkan oleh pelatih sementara MU Ralf Rangnick, Anthony Elanga dan Fred masing-masing berhasil mengemas satu gol.

5 dari 8 halaman

30

Mohamed Salah dan Sadio Mane masing-masing sukses mencetak satu gol kala Liverpool menaklukan Norwich 3-1 di Anfield, Sabtu (19/2/2022) malam WIB. Mane membuka keunggulan di menit ke-64 dan Salah menggandakannya di menit ke-67.

Duet mematikan ini bukan pertama kalinya mencetak gol secara bersamaan. Melainkan gol ke jala Norwich tersebut menjadi yang ke-30 kalinya bagi keduanya untuk mencetak gol dalam satu pertandingan Liga Inggris.

Alhasil, Mane dan Salah menjadi satu-satunya duet dalam sebuah tim yang mencatatkan gol secara bersamaan di 30 laga Liga Inggris. Saat ini, belum ada rekor yang mampu mengalahkan duet Mane dan Salah.

6 dari 8 halaman

95

Gol Harry Kane untuk Spurs pada menit ke-90+5 kontra Manchester City menjadi gol kemenangan paling ‘lama’ dalam satu dekade terakhir. Sebelumnya, Michael Owen pernah mencetak gol serupa kala berseragam MU.

Saat itu, Owen turut mencetak gol ke gawang The Citizens pada menit yang serupa (90+5’). Hanya saja, Owen mencetak gol ke gawang Manchester City di Liga Champions.

7 dari 8 halaman

150

Berkat satu golnya ke gawang Norwich, Salah masuk ke dalam jajaran pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liverpool. Pemain berpaspor Mesir itu tercatat telah mengoleksi total 150 gol.

Kini, dia menduduki peringkat Ke-10 pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liverpool. Bila Salah sukses menambah raihan gol nya hingga sembilan angka, dia akan menyalip posisi Harry Chambers (151 gol) dan Michael Owen (158 gol) dan berhak menduduki peringkat Ke-8 sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa The Reds.

8 dari 8 halaman

600+

Arsenal mencetak golnya yang ke-600 (dan ke-601) di Liga Inggris usai mengalahkan Brentford 2-1 di Emirates Stadium, Sabtu (19/2/2022) malam WIB. The Gunners mencetak lebih dari 600 gol pada pertandingannya yang ke-297.

Selain itu, Arsenal juga menjadi tim ketiga di Liga Inggris yang mencetak 600 gol di kandang sendiri. Sebelumnya, ada Manchester United (283 pertandingan) dan Manchester City (290 pertandingan).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Tottenham Hotspur adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris
    Tottenham Hotspur adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris

    Tottenham Hotspur

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir

    Manchester City

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Harry Kane adalah pemain sepak bola Profesional asal Inggris yang sekarang membela Tottenham Hotspur
    Harry Kane adalah pemain sepak bola Profesional asal Inggris yang sekarang membela Tottenham Hotspur

    Harry Kane

  • Fakta Menarik