Sukses

Amir Khan Vs Kell Brook: Tuntaskan Dendam Lama

Setelah hanya terlibat perang kata-kata, Amir Khan dan Kell Brook akhirnya bertemu di atas ring.

Liputan6.com, Jakarta Setelah berulang kali terlibat perang kata-kata, dua petinju Inggris, Amir Khan dan Kell Brook akhirnya bertemu di atas ring. Keduanya bakal adu jotos di Manchester, Inggris, Sabtu malam (19/2/2022).

Pertarungan memang bakal berlangsung tanpa gelar. Namun bukan berarti duel bakal berjalan biasa saja. Dendam selama 20 tahun yang menyelimuti kedua petinju Britania itu bakal memanaskan pertemuan mereka di AO Arena. Tensi yang meningkat bahkan sudah terasa saat jumpa pers terakhir.

"Saya akan menyakitinya dan menaruh dia di tempatnya. Saya akan membungkam mulutnya demi kebaikan. Sesuatu yang bakal diingatnya lama," kata Amir Khan, seperti dilansir dari Fightnews.com. 

Kell Brook tidak mau kalah. Dia juga sesumbar bakal memukul jatuh Amir Khan. 

"Dia pasti akan benar-benar tidur pada Sabtu malam ketika saya menghancurkannya. Setelah Sabtu ini, tidak adalagi yang akan tertarik dengan (Amir Khan)," ujar Brook tak kalah beringas. 

Amir Khan dan Brook selama ini memang dikenal tidak akur. Mantan juara dunia itu kerap terlibat perang kata-kata di berbagai media karena merasa sebagai petinju terbaik dari Britania Raya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dendam Lama

Dendam di antara kedua petinju sudah tertanam sejak mereka masih di level amatir 15 tahun lalu. 

Amir Khan selama ini bangga karena lebih dulu menyandang juara dunia ketimbang Brook. Petinju yang dijuluki King Khan itu pertama kali menyandang gelar tersebut saat merajai kelas welter ringan versi WBA dari 2009 hingga 2012. Dia bahkan pernah menyatukannya dengan gelar IBF pada 2011.

Sementara Brook baru menjadi juara dunia kelas welter versi IBF pada tahun 2014. Prial bernama lengkap Ezekiel Brook tersebut berhasil mempertahankan sabuk tersebut hingga 2017.

"Saya tidak menyukainya dan dia tidak menyukai saya. Kami akan memperlihatkan pertarungan yang hebat. Ini akan kembali ke masa-masa amatir. Dia terbiasa merebut gelar juara di kelasnya dan saya berada setingkat di atasnya," kata Brook.

"Dia melakukan apa yang dilakukannya saat Olimpiade. Kami kerap dijanjikan akan bertemu di atas ring. Tapi dia malah bilang bahkan tidak mengenal siapa saya. Dia tidak menghormati saya."

 

 

3 dari 3 halaman

Sama-Sama Meredup

Namun era keduanya sebenarnya sudah habis. Baik Khan maupun Brook sama-sama sudah dipengujung karier dengan usia yang tidak muda lagi, yakni 35 tahun. Selain itu, karier kedua petinju juga tengah menurun menyusul kekalahan demi kekalahan yang mereka raih belakangan ini.

Brook contohnya. Petinju yang dijuluki The Special One itu terakhir kali kalah TKO ronde keempat, atas Terence Crawford, 14 November 2020 lalu. Sementara sebelum pertandingan ini, Crawford sebelumnya juga berhasil mengalahkan Amir Khan dengan hasil TKO pada ronde ke-6. 

Khan sempat bertanding lagi pada tahun 2019 melawan Billy Dib. Dalam pertarungan ini, Khan berhasil menang TKO ronde 4 dan merebut gelar lowong kelas welter versi WBC International. Ini merupakan laga terakhir petinju berdarah Pakistan itu sebelum kemudian bertemu Brook, akhir pekan ini. 

 

   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.