Sukses

Bilbao Vs Valencia Berakhir Imbang, Tuan Rumah Kurang Ambisius

Leg kedua babak semifinal Copa del Rey antara Athletic Bilbao Vs Valencia akan berlangsung 3 Maret 2022.

Liputan6.com, Jakarta Leg pertama babak semifinal Copa del Rey yang mempertemukan Athletic Bilbao Vs Valencia berakhir tanpa pemenang. Duel yang berlangsung di San Memes Stadium itu ditutup dengan skor 1-1. 

Tuan rumah unggul lebih dulu lewat Raul Garcia pada menit ke-37. Peluang untuk mempertahankan keunggulan ini sebenarnya terbuka besar setelah tim tamu Valencia kehilangan satu pemainnya di pengujung babak pertama. Maximiliano Gomez diusir wasit setelah mendapat kartu merah. 

Sayang unggul jumlah pemain tidak membuat Bilbao bisa leluasa membombardir jala Valencia. Kelelawar Mestalla justru berhasil bangkit dan mencetak gol penyeimbang menit 65' lewat Hugo Duro. Skor imbang 1-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Valencia akan menjadi tuan rumah di leg kedua. Pertandingan berlangsung di Estadio Mestalla, pada 2 Maret mendatang. Pemenang dari pertandingan ini akan bertemu antara Rayo Vallecano atau Real Betis. Sebelumnya Betis berhasil menang 2-1 atas Vallecano pada leg pertama, Rabu lalu. 

Hasil imbang melawan Valencia membuat langkah Bilbao untuk kembali merajai Copa del Rey semakin menantang. Padahal sebelumnya, langkah Bilbao terbilang meyakinkan setelah di babak perempat final berhasil menyingkirkan raksasa La Liga, Real Madrid dengan skor 1-0, pada 3 Februari 2022 lalu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semifinalis Tersukses

Bilbao sendiri merupakan semifinalis Copa del Rey tersukses yang masih tersisa (39 gelar). Itu setelah Barcelona sebagai pengoleksi trofi terbanyak (42 trofi) sudah tersingkir di babak 16 besar. Langkah tim asal Catalonia itu terhenti di tangan Bilbao yang berhasil memenangkan duel dengan skor 3-2.

"Tim lawan bermain dengan cara terbaik yang cocok dengan mereka dan kami tahu apa yang akan kami hadapi sebelum laga," ujar pelatih Bilbao, Marcelino García Toral dilansir dari situs remsi klub. 

"Saya rasa kami harusnya bisa lebih ambisius dan lebih sering masuk ke area mereka, tapi di babak kedua kami menjauh dari permainan kami di awal. Namun saya tetap bangga dengan kinerja pemain kami. Hasil pertandingan sangat ketat karena tidak ada tim yang mendominasi," bebernya. 

 

3 dari 3 halaman

Dua Final Sebelumnya

Dalam dua tahun terakhir, Bilbao selalu berhasil melaju ke babak final Copa del Rey. Sayang mereka tidak berhasil memenangkannya.

Tahun lalu Bilbao dipaksa menelan kekalahan di dua final beruntun yang digelar di bulan April. Pada final Copa del Rey 2019/2020, Bilbao kalah 0-1 disusul kekalahan 0-4 dari Barcelona pada final 2020/2021 melawan Barcelona. Sementara Valencia merupakan juara 2018 setelah di babak final berhasil mengalahkan Barcelona dengan skor 2-1 di Stadion Benito Villamarín, Sevilla. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.