Sukses

Nike Resmi Akhiri Kerja Sama dengan Bintang MU Mason Greenwood

Nike resmi memutuskan hubungan kerja sama dengan bintang MU Mason Greenwood usai dugaan pemerkosaan dan penyerangan seksual kepada sang kekasih Harriet Robson

Liputan6.com, Manchester - Nike resmi mengakhiri berbagai kontrak kerja samanya dengan Mason Greenwood. Mulai sekarang, merek fesyen asal Amerika Serikat ini tidak akan mensuplai berbagai perlengkapan olahraganya kepada penyerang Manchester United itu.

"Mason Greenwood bukan lagi atlet Nike," Nike mengumumkan seperti dikutip The Athletic, Senin (7/2/2022).

Melansir dari Mirror, alasan utama Nike memutuskan kontrak kerja samanya dengan Greenwood adalah dugaan pemerkosaan dan penyerangan seksual yang tidak bisa ditolerir. Sehingga, langkah ini dilakukan guna membuatnya jera.

Seperti diketahui, Greenwood sempat ditahan Kepolisian Greater Manchester usai ketahuan melakukan tindakan tidak terpuji kepada kekasihnya, Harriet Robson, Minggu (30/1/2022) lalu.

Namun, Kepolisian Greater Manchester tidak butuh waktu lama untuk memeriksa pemain bernomor punggung 11 si MU itu. Usai tiga hari ditahan, Greenwood dibebaskan dengan jaminan pada Rabu, 2 Februari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Ditangguhkan

Sebelumnya, Nike telah menyatakan hanya menangguhkan kontrak Greenwood akibat tindak kekerasan yang terjadi. Nike bahkan turut prihatin atas kejadian yang menimpa pemain berusia 20 tahun itu.

"Kami telah menangguhkan hubungan dengan Mason Greenwood. Kami sangat prihatin atas tuduhan yang dilayangkan kepada Greenwood dan kami akan terus mengamati situasi dengan cermat," tulis Nike pada akhir Januari lalu.

Namun, usai salah satu mitra Manchester United, Cadbury, menyatakan dengan tegas tidak akan memaki nama Greenwood dalam melakukan pemasaran, Nike pun mencoba mengkaji kembali pernyataan yang telah dibuat.

Alhasil, dengan berbagai pertimbangan, Nike dengan tegas mengambil keputusan tidak akan menggunakan jasa Greenwood untuk memasarkan produknya.

3 dari 4 halaman

Produsen Game Turut Ambil Langkah Serupa

Guna mengantisipasi tindakan Greenwood diikuti oleh orang banyak, berbagai produsen game turut menghapus nama ‘Greenwood’ dari permainan yang mereka kembangkan. Terbaru, produsen game asal Jepang, Konami, turut mengikuti langkah yang dilakukan EA Sports.

"Sehubungan dengan tuduhan serius yang dilontarkan kepada Mason Greenwood, pemain tersebut akan dihapus dari permainan yang kami kembangkan sampai pemberitahuan lebih lanjut," tulis Konami kepada Eurogamer.

Beberapa permainan yang tidak menyediakan karakter Greenwood meliputi PES 2021 dan eFootball 2022.

4 dari 4 halaman

Belum Berkomentar

Hingga detik ini, Greenwood belum mengatakan sepatah katapun terkait dugaan kasus yang menimpa dirinya. Ia diketahui cukup ketakutan dan memilih berdiam diri di rumah mewahnya.

Sementara, manajer sementara Manchester United Ralf Rangnick enggan berkomentar banyak. Menurutnya, kasus ini hanya akan dibicarakan di internal klub saja.

"Sejujurnyna, saya tidak banyak membicarakan kasus ini kepada para pemain. Namun, kami sempat melakukan pembicaraan internal dan saya yakin semua orang memahami bahwa diskusi internal itu harus tetap internal," tutur Rangnick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.