Sukses

8 Penonton Piala Afrika 2022 Tewas Berdesakan, Ini Kata FIFA

Penonton berdesakan memasuki stadion untuk menyaksikan pertandingan timnas Kamerun Vs Comoros di Piala Afrika 2022.

Liputan6.com, Jakarta Delapa penonton tewas dalam kericuhan jelang pertandingan babak 16 besar Piala Afrika 2022 yang mempertemuan tuan rumah Kamerun melawan Comoros, Selasa (24/1/2022). Insiden tersebut juga dilaporkan menyebabkan 38 suporter lainnya terluka dan harus mendapatkan perawatan. 

Seperti dilansir dari Independet.co.uk, peristiwa ini bermula saat fans timnas Kamerun berebut masuk ke stadion Paul Biya, Olembe yang menjadi lokasi pertandingan. Asosiasi Sepak Bola Kamerun (CAF) sampai saat ini masih menyelidiki kronologi kejadian dan meminta keterangan dari panitia lokal. 

"Kami terus berkomunikasi dengan pemerintah Kamerun dan Komite Penyelenggara Lokal. Malam ini (Selasa (24/1/2022), Presiden CAF Dr Patrice Motsepe juga mengirim Sekretaris Jenderal, Veron Mosengo-Omba untuk mengunjungi fans di rumah sakit di Yaounde,” bunyi pernyataan resmi CAF. 

Seluruh korban merupakan penonton yang ingin menyaksikan aksi timnas Kamerun. Tidak ada ofisial yang terluka dalam kejadian tersebut. Sebagian besar korban kini dirawat di rumah sakit Yaounde. 

Seperti dilansir dari Goal, korban tewas awalnya dilaporkan enam orang. Namun pemerintah Kamerun kemudian menyatakan kalau angkanya bertambah menjadi delapan korban tewas.

"Kesimpulan awal dari kericuhan itu ada 8 orang meninggal dan 38 luka-luka, 31 di antaranya luka ringan dan 7 luka berat,” pernyataan Kementerian Perhubungan Kamerun seperti dilansri dari GOAL.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ucapan Duka FIFA

Meskipun tidak ada konfirmasi resmi mengenai korban jiwa hingga Selasa pagi, badan sepak bola dunia FIFA mengeluarkan pernyataan terkait insiden tersebut.

"FIFA menyampaikan belasungkawa yang terdalam kepada keluarga dan teman-teman para korban yang kehilangan nyawa mereka menyusul insiden tragis yang terjadi di Stadion Olembe selama pertandingan Piala Afrika antara Kamerun dan Komoro," bunyi pernyataan tersebut.

"Pikiran dan doa komunitas sepak bola global bersama para korban, orang-orang yang  terluka, dan semua staf CAF dan Asosiasi Sepak Bola Kamerun (FECAFOOT) pada saat yang sulit ini."

 

 

 

3 dari 3 halaman

Timnas Kamerun ke Perempat Final

Paul Biya, Olembe, merupakan stadion baru yang dibangun untuk menggelar Piala AFF 2022. Meski memiliki kapasitas 60 ribu penonton, stadion hanya boleh diisi 80 persen karena pandemi COVID-19. 

Sementara itu, timnas Kamerun akhirnya berhasil melajut ke babak perempat final Piala Afrika 2022 setelah mengalahkan Comoros dengan skor 2-1. Dalam duel ini, dua gol Kamerun dicetak oleh Karl Toko Ekambi (29') dan Vincent Aboubakar (70'). Sedangkan gol balasan Comoros dicetak Youssouf M'Changama (81'). Di babak selanjutnya, Kamerun akan bertemu dengan timnas Gambia. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini