Sukses

Piala AFF 2020: Ke Final, Shin Tae-yong Ingatkan 2 PR Timnas Indonesia

Timnas Indonesia mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021) malam WIB di National Stadium. Pasukan Garuda melenggang ke final dengan agregat 5-3.

Liputan6.com, Singapura - Timnas Indonesia mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021) malam WIB di National Stadium. Pasukan Garuda melenggang ke final dengan agregat 5-3.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengapresiasi perjuangan para pemainnya. Hanya saja, pelatih asal Korea Selatan (Korsel) mengingatkan ada pekerjaan rumah (PR) yang harus dibenahi dari Evan Dimas dkk.

Shin merasa, para pemain masih belum bisa mengontrol pertandingan dengan baik.

"Bagian itu harus diperbaiki khususnya para pemain masih muda untuk kontrol pertandingan sedikit berkurang jadi untuk kedepannya lebih menunjukkan lagi perkembangan,” katanya seperti dilansir situs resmi PSSI.

Timnas Indonesia seharusnya bisa menutup laga di 90 menit. Namun timnas Indonesia justru dipaksa Singapura melakoni perpanjangan waktu.

Bahkan, tim asuhan Tatsuma Yoshida itu nyaris memulangkan timnas Indonesia. Beruntung, penalti Faris Ramli di penghujung babak kedua digagalkan Nadeo Argawinata.

Skor 2-2 menutup waktu normal sehingga laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Di sanalah, timnas Indonesia menambah dua gol lewat bunuh diri Shahwal Anuar dan gol Egy Maulana Vikri.

Sebelumnya, dua gol timnas Indonesia dicetak Ezra Walian (11'), dan Pratama Arhan (87'). Sementara, gol Singapura dilesakkan Song Ui-young (49'), dan Shahdan Sulaiman (74').

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antisipasi Bola Mati

Selain kontrol pertandingan, Shin Tae-yong juga merasa timnas Indonesia harus lebih berhati-hati mengantisipasi bola mati. Ia menilai, timnas Indonesia masih lemah dalam hal itu usai Singapura menciptakan gol pertamanya.

Gol Song Ui-young memang bermula dari tendangan bebas di sisi kiri pertahanan timnas Indonesia. Ia memanfaatkan kemelut yang terjadi di kotak penalti dan melesakkan tendangan keras ke gawang Nadeo.

"Jujur kedua tim sangat bekerja keras, saya sudah bicara kepada pemain sebelum pertandingan bahwa tim Singapura kuat untuk set piece, kami bisa mendapatkan hasil yang baik jika hanya hati-hati,” kata Shin Tae-yong mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Jadwal Final Piala AFF

Leg 1

Rabu 29 Desember 2021

Indonesia vs Thailand / Vietnam

National Stadium, Singapura

 

Leg 2

Sabtu 1 Januari 2022

Thailand / Vietnam vs Indonesia

National Stadium, Singapura

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.