Sukses

Live Report Indonesia vs Singapura di Leg 2 Semifinal Piala AFF 2020

Indonesia akan menghadapi Singapura pada leg 2 Semifinal Piala AFF 2020 mulai pukul 19.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia mengusung misi wajib menang saat menghadapi Singapura pada leg 2 semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12/2021). Indonesia sebelumnya imbang 1-1 lawan Singapura di leg 1.

Pertandingan Indonesia melawan Singapura akan dimulai pukul 20.30 waktu setempat atau 19.30 WIB.Piala AFF 2020 tidak mengusung gol tandang.

Soalnya pertandingan mulai dari fase grup hingga final digelar di Singapura sehingga kemungkinan perpanjangan waktu dan adu penalti pun bisa terjadi kalau skor tetap imbang.

Indonesia sudah jumpa Singapura sebanyak 60 kali. Indonesia meraih 30 kemenangan, 18 kalah dan 12 kali imbang.

Meski begitu Indonesia justru kalah dalam hal rekor pertemuan di Piala AFF. Singapura justru menang 4 kali dibandingkan Indonesia yang menang 3 kali dari 10 laga kedua tim.

Berikut 5 pertemuan terakhir Indonesia vs Singapura:

Rekor Pertemuan

22/12/21 AFC Singapura 1 - 1 Indonesia

09/11/18 AFC Singapura 1 - 0 Indonesia

25/11/16 AFC Singapura 1 - 2 Indonesia

28/11/12 AFC Indonesia 1 - 0 Singapura

04/11/09 UJC Singapura 3 - 1 Indonesia

Link live streaming Indonesia vs Singapura di leg 2 semifiinal Piala AFF 2020 bisa di klik di sini.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-Yong kembali melakukan perubahan di leg 2 semifinal Piala AFF. Dia tetap mencadangkan Evan Dimas dan Elkan Baggott, Ezra Walian jadi starter di lini depan.

Berikut susunan pemain Indonesia:

Indonesia (5-4-1): Nadeo; Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Aryanto, Rahmat Irianto, Pratama Arhan; Ramai Rumakiek, Rizky Ridho, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman; Ezra Walian

Ricky Kambuaya mendapatkan peluang di menit ke-5 tapi tembakannya masih bisa diblok bek Singapura. Namun tembakannya menghasilkan tendangan sudut.

Ezra Walian berhasil cetak gol di menit ke-12. Dia manfaatkan umpan dari Witan Sulaeman dengan cepat dan gol.

 Tembakan Ricky Kambuaya melambung ke atas gawang usai manfaatkan umpan Asnawi Mangkualam di menit ke-16. Perubahan susunan pemain dari Shin Tae Yong menghasilkan sesuatu yang positif. Irfan Jaya yang biasa dimainkan kini di bangku cadangan dan Ramai Rumakiek jalankan tugas dengan baik.

 Singapura membuka peluang juga di menit ke-21. Namun tembakan Amy Recha masih melambung ke atas gawang Nadeo Argawinata.

Formasi 4-2-3-1 yang diusung Indonesia berjalan cukup efektif. Rizky Ridho dan Fachrudin Aryanto jalankan tugas pertahanan dengan baik sehingga tak kebobolan hingga menit ke-32.

Indonesia menggebrak lewat Witan Sulaeman sehingga memaksa bek Singapura lakukan pelanggaran yang berujung tendangan bebas untuk Garuda. Ramai Rumakiek lepas tembakan lewat tendangan bebas tapi masih mengarah ke kiper Hasan Sunny di menit ke-37.

Witan Sulaeman kembali menginspirasi di menit ke-40. Namun pergerakannya masih bisa ditahan bek Singapura. 

Menjelang babak pertama berakhir, serangan Indonesia makin gencar dan berhasil dapatkan dua kali tendangan sudut, tapi gagal berbuah gol.

Singapura mendapatkan peluang lewat tendangan bebas. Tapi tendangan bebas ini malah berujung kartu merah untuk bek Singapura Safwan Baharuddin yang menyikut Rizky Ridho.

Singapura mencetak gol lewat Song Ui Yong di injury times. Dia manfaatkan kemelut di pertahanan Indonesia.

Hingga pertandingan babak 1 selesai, skor 1-1 Indonesia melawan Singanpura.

 Babak kedua dimulai dengan permainan menyerang dari Indonesia. Namun peluang Indonesia belum berbuah gol termasuk tendangan Ricky Kambuaya di menit ke-48 yang masih melambung. Singapura main dengan 10 pemain di babak dua.

Ezra Walian mencoba peruntungan di menit ke-50. Tapi tendangannya dari sisi kiri masih melambung ke atas gawang.

Meski dengan 10 pemain, Singapura mencoba lakukan serangan balik yang cetapat dan hasilkan tendangan bebas. Untung saja tendangan bebas Singapura masih bisa diantisipasi Nadeo.

 Ezra Walian diganti Hanis Sagara di menit ke-54.

Indonesia membuka peluang lewat Rizky Ridho di menit ke-60. Namun tembakannya masih mengenai tiang.

Singapura memasukkan Ikhsan Fandi di menit ke-60. Dia gantikan Amy Reyhan. Dia langsung memberi pengaruh saat mencoba tendangan jarak jauh di menit ke-62.

 Indonesia melakukan 3 pemain sekaligus. Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri dan Irfan Jaya masuk untuk menambah serangan Indonesia di menit ke-65.

 Irfan Jaya langsung membuat kerepotan Singapura. Irfan Fandi bek Singapura diusir wasit karena menjegal Irfan Jaya dengan tangan di menit ke-68.

Indonesia berpeluang lewat tendangan bebas di menit ke-69. Namun tembakan Irfan masih membentur pertahanan Singapura.

Singapura masih berani melakukan serangan meski bermain dengan 9 pemain. Masuknya Faris Ramli dan Ikhsan Fandi membuat perbedaan.

Singapura bahkan mencetak gol di menit ke-74 lewat Sulaiman dari tendangan bebas. Singapura unggul 2-1.

Sahdan Sulaiman kembali meneror gawang Indonesia saat tendangan bebas di menit ke-78. Untunglah Nadeo berhasil menepis tendangannya.

Hingga menit ke-83, Indonesia masih belum menciptakan peluang berarti. Indonesia seperti masih gugup meski unggul jumlah pemain.

 Arhan Pratama akhirnya berhasil mencetak gol penyeimbang di menit ke-86. Skor pun berubah menjadi 2-2.

Pratama Arhan dinyatakan lakukan pelanggaran di menit ke-88 yang berbuah penalti. Meski mengenai bola, Singapura dapatkan penalti.

Faris Ramli gagal mencetak gol lewat penalti. Nadeo berhasil menepisnya.

 Dua kali tendangan sudut gagal berbuah gol. Irfan Jaya pun punya peluang tapi masih melambung. Hingga babak dua berakhir skor tetap 2-2.

 Perpanjangan waktu Piala AFF 2020 berlangsung manis. Indonesia langsung cetak gol lewat Irfan Jaya di awal perpanjangan waktu usai manfaatkan umpan Egy Maulana Vikri. Namun ini jadi gol bunuh diri dari pemain Singapura.

 Evan Dimas akhirnya masuk menggantikan Rahmat Irianto. Ini diharapkan menambah serangan Indonesia yang masih unggul 3-2 atas Singapura.

Indonesia berhasil membuka peluang di menit ke-96. Namun tembakan Evan Dimas masih bisa ditepis, begitu juga dengan tembakan dari Egy Maulana.

Irfan Jaya mendapatkan dua peluang di menit ke-100 dan 101. Namun dua kali pula digagalkan Irfan Jaya.

Menit ke-105, Irfan Jaya kembali mendapatkan peluang tapi tembakannya lagi ditepis Hassan Sunny.

Egy Maulana akhirnya membuat skor di menit ke-105. Indonesia pun unggul 4-2.

Babak 2 perpanjangan waktu ditandai dengan penyelamatan Hassan Sunny. Dia menggagalkan pergerakan Witan Sulaeman yang sudah kosong.

Singapura pun mencoba perkecil kekalahan lewat Ikhsan Fandi tapi tembakannya masih lemah.

 Menit ke-118, Irfan Jaya membuat Hassan Sunny dikartu merah. Sunny menjegal Irfan di luar kotak penalti sehingga diusir wasit.

 Indonesia lolos ke final usai skor 4-2 tetap bertahan hingga babak perpanjangan waktu berakhir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis

3 dari 4 halaman

Infografis Piala AFF

4 dari 4 halaman

Infografis Piala AFF

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.