Sukses

Sempat Buat Heboh Warganet, Di Mana Lokasi Gunung Welirang?

Liputan6.com, Jakarta Gunung Welirang mendadak menjadi perbincangan warganet lewat video yang menampakan awan merah disertai petir di puncaknya. Video tersebut ramai menyebar di media sosial.

Warganet pun sempat mengira fenomena tersebut berkaitan dengan status Gunung Welirang yang masih aktif. Namun berdasarkan keterangan resmi dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) peristiwa itu merupakan hal yang biasa terjadi.

"Fenomena awan yang terlihat berwarna merah, merupakan hal yang biasa terjadi. Hal tersebut merupakan salah satu contoh fenomena optik atmosfer," tutur Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stamet Juanda, Teguh Sri Susanto seperti dikutip dari akun Instagram @infobmkgjuanda, Selasa (14/12/2021).

"Semakin rendah posisi Matahari dari garis cakrawala, semakin rendah pula cahaya merah yang dicapai," tutur Teguh lebih lanjut. Fenomena langit kemerahan ini memang biasanya terjadi pada sore menjelang malam hari.

 

2 dari 3 halaman

Gunung di Jawa Timur

Gunung Welirang merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.156 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di perbatasan kota Batu, Kabupaten Pasuruatn dan Kabupaten Mojokerto di Jawa Timur.

Gunung Welirang bertipe stratovolcano atau gunung api komposit dengan bentuk kerucut. Gunung ini dibangun oleh banyak lapisan dari lava yang mengeras, tephra, batu apung dan abu vulkanik.

Di Indonesia, ada gunung stratovolcano lainnya yakni Tangkuban Parahu, Krakatau, dan Merapi.

3 dari 3 halaman

Infografis