Sukses

2 Pemain Timnas Malaysia di Piala AFF 2020/2021 Positif COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Kabar buruk kembali menghampiri timnas Malaysia di Piala AFF 2020 yang sudah berlangsung sejak Minggu (5/12/2012). Setelah kehilangan sejumlah pemain akibat cedera, skuat Harimau Malaya yang berda satu grup dengan Timnas Indonesia belakangan justru dihinggapi virus Corona COVID-19. 

Dua pemain timnas Malaysia dinyatakan positif mengidap penyakit yang menjadi pandemi selama dua tahun terakhir. Mereka terdeteksi setelah menjalani pemeriksaan atau tes PCR setibanya di Singapura. 

Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) seperti dilansir dari situs hmetro.com telah mengkonfirmasi masalah ini. Dalam pernyataannya, FAM menyebut, kedua pemain mereka yang dipastikan terjangkit COVID-19 tersebut adalah penjaga gawang Khairulazhan Khalid dan winger Faisal Halim. 

"FAM memastikan bahwa dua pemain Harimau Malaya di Piala AFF di Singapura positif COVID-19 setelah menjalani tes PCR yang dilakukan di Bandara, Changi, Jumat lalu," ujar Presiedn FAM, Mohd Saifuddin Abu Bakar.  

"Kedua pemain itu, yakni Khairulazhan Khalid dan Faisal Halim saat ini menjalani isolasi mandiri hingga 10 hari ke depan sesuai dengan aturan pemerintah Singapura di mana kesehatan mereka akan terus dipantau secara harian untuk mengetahui apakah ada gejala yang timbul," FAM menambahkan. 

 

2 dari 3 halaman

Absen 3 Laga

Saifuddin menambahkan, kedua pemainnya itu kemungkinan bakal absen di tingga pertandingan pertama, yakni melawan Kamboja, Laos, dan Vietnam. Selain itu, hasil tes kedua pemain itu juga menurutnya tidak menghambat perjalanan pemain timnas Malaysia lainya di Piala AFF 2020/2021.

"Kalaupun tanpa dua pemain ini, skuad besutan Tan Cheng Hoe tetap akan meneruskan perjuangan pertama di Grup B melawan Kamboja di Stadium Bishan, besok sore dengan sisa pemain yang ada setelah mereka dinyatakan negatif pada tes susulan yang telah dilakukan," kata Saifuddin. 

Kehilangan ini tentu saja menjadi pukulan telak bagi pelatih Timnas Malaysia. Pasalnya, sebelumnya, Tan Cheng Ho sudah kehilangan sejumlah pilar penting akibat cedera. (ikuti beritanya di tautan ini). 

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Timnas Malaysia sendiri merupakan lawan terakhir yang akan berhadapan dengan timnas Indonesia pada penyisihan Grup B Piala AFF 2020. Kedua rival serumpun itu akan bertemu 19 Desember 2021.