Sukses

Ini Lawan Kevin/Marcus di Laga Penentu Gelar BWF World Tour Finals 2021

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan ganda putra nomor satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Gideon mengamankan tiket final turnamen BWF World Tour Finals 2021 usai mengalahkan wakil Chinese Taipei Lee Yang/Wang Chi Lin.

Berlaga di Bali International Convention Centre, The Westin Resort, Nusa Dua pada Sabtu (4/12/2021) malam WIB, pasangan yang dijuluki The Minions ini menang dengan rubber game, 18 – 21, 23–21, dan 21–17.

Dengan hasil ini, Kevin/Marcus bakal bertemu duo Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di final BWF World Tour Finals. Hoki/Kobayashi menaklukkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dari Malaysia 21-18, 21-15 di semifinal.

Pada semifinal, Kevin/Marcus sejatinya telah bersua dengan pasangan peraih medali emas Olimpiade Tokyo di laga penyisihan Grup A beberapa waktu lalu. Kala itu, ganda putra andalan Indonesia sukses menyegel kemenangan lewat dua game langsung, 23–21 dan 21–19.

Akan tetapi, Lee/Wang menunjukkan peningkatan performa dalam waktu singkat. Keduanya menjadi tak mudah dikalahkan ketika berhadapan dengan The Minions di semifinal. Wakil China Taipei tampil agresif dan banyak memberi tekanan sejak game pembuka.

Kevin/Marcus bahkan baru bisa menutup game kedua setelah deuce 23–21. Meski demikian, pasangan ganda putra Indonesia akhirnya berhasil menuntaskan perlawanan Lee/Wang usai memenangkan game penentuan.

2 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan alot sejak game pertama. Kedua pasangan nampak sama kuat dan terus kejar-kejaarn di awal permainan. Namun, Lee/Wang sukses membuktikan kualitasnya sebagai peraih medali emas Olimpiade dengan merebut game pertama, 21–18.

Kevin/Marcus mau tak mau harus memenangkan set kedua jika ingin memperpanjang napas di semifinal. Pasangan Indonesia sempat unggul pada interval game pertama dengan 11–9. Keadaan berbalik ketika Lee/Wang mendapatkan empat poin berturut-turut.

Pasangan China Taipei memimpin dengan 13–11. Setelahnya, perolehan poin menempel ketat. Kevin/Marcus sempat dua kali memperoleh kesempatan game point, tetapi berhasil diselamatkan oleh Lee/Wang. The Minions baru bisa mengakhiri laga pada percobaan ketiga. Game kedua berakhir dengan 23–21.

3 dari 4 halaman

Game Penentuan

Pantang menyerah, wakil China Taipei terus menempel pada pasangan Indonesia di game penentuan. Lee/Wang juga beberapa kali melontarkan serangan dan smash tajam yang sulit dikembalikan oleh The Minions.

Pertandingan di set ketiga juga sempat diwarnai protes dari Lee/Wang akibat badan atau raket Marcus yang dinilai menyentuh shuttlecock pada kedudukan 15–11 untuk keunggulan wakil Indonesia. Meski demikian, keputusan umpire berpihak pada The Minions.

Kevin/Marcus terus memimpin hingga menutup game ketiga dengan kemenangan, 21–17, atas Lee Yang dan Wang Chi Lin. Kevin/Marcus telah dinanti oleh wakil Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di babak final. Kedua pasangan sebelumnya sempat berhadapan di final Indonesia Masters 2021 dan Indonesia Open 2021.

4 dari 4 halaman

Ganda Putri

Di sisi lain, wakil Indonesia dari sektor ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal merebut tiket ke final turnamen BWF World Tour Finals 2021. Peraih medali emas Olimpiade Tokyo ini dihadang oleh pasangan Jepang Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Greysia/Apriyani kalah dengan rubber game, 14–21, 21–13, dan 23–21. Pasangan Indonesia ini sebelumnya pernah bersua dengan Matsuyama/Shida pada final Indonesia Open 2021 yang berlangsung akhir pekan lalu. Kala itu, Greysia/Apriyani juga takluk dari wakil Jepang dengan straight game, 21–19 dan 21–19.

 

Penulis: Melinda Indrasari