Sukses

Bukan WSBK Mandalika, Ini 3 Kesalahan Jonathan Rea di World Superbike 2021

Liputan6.com, London- Langkah pembalap Kawasaki, Jonathan Rea untuk mencetak rekor juara tujuh kali beruntun di World Superbike atau WSBK 2021 terhenti. Rea kalah dari pembalap PATA Yamaha, Toprak Razgatlioglu yang merebut gelar juara untuk pertama kali.

Jonathan Rea menilai ada tiga kesalahan besar yang dilakukannya di WSBK musim ini. Itu terjadi di Donington Park, Autodrom Most dan Portimao yang membuatnya kehilangan gelar juara.

Di sisi lain, Toprak tampil sempurna musim ini. Dia memberi Yamaha gelar juara WSBK pertama kali dalam 12 tahun terakhir.

Selain itu, Rea juga menyoroti dibatalkannya superpole di WSBK Mandalika 2021 yang membuatnya kehilangan kesempatan tambah poin. Itu kalau dia juga menangi dua race yang ditampilkan di Mandalika.

"Saya tidak kehilangan gelar di Mandalika karena balapan dibatalkan, saya sudah kehilangan gelar juara di pertengahan musim karena kesalahan ceroboh," ujarnya seperti dikutip crash.net.

 

2 dari 3 halaman

Ganti Nomor Lama

 

Karena gagal mempertahankan gelar, Jonathan Rea akan kembali menggunakan nomor lama 65. Sebelumnya, dia gunakan nomor 1 karena menjadi juara WSBK di musim-musim sebelumnya.

Meski ini nomor spesial, Rea berharap hanya menggunakannya satu musim saja.

"Saat saya lihat motor saya kembali menggunakan nomor 65, ini mengingatkan saya kembali saat baru gabung dengan Kawasaki dan perubahan yang sudah dibuat di hidup saya," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Bangkit

 

Dia mengaku siap untuk bangkit agar bisa meraih gelar ketujuhnya di WSBK. Nomor lama hanya akan digunakannya selama musim kalau bisa.

"Saat melihat nomor baru sungguh membahagiakan dan memberi saya motivasi. Saya termotivasi untuk memakainya musim depan dan semoga saya memakainya hanya satu musim," ujarnya.

 

  • World Superbike (WSBK) Mandalika adalah event balap motor yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok
    World Superbike (WSBK) Mandalika adalah event balap motor yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok
    WSBK Mandalika
  • Jonathan Rea adalah pembalap di ajang World Superbike (WSBK) yang telah mengantongi enam gelar juara dunia
    Jonathan Rea adalah pembalap di ajang World Superbike (WSBK) yang telah mengantongi enam gelar juara dunia
    Jonathan Rea
  • WSBK atau akrab dikenal World Superbike merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia
    WSBK atau akrab dikenal World Superbike merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia
    WSBK
  • WSBK adalah kompetisi balap motor dunia yang diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).
    WSBK adalah kompetisi balap motor dunia yang diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).
    WSBK 2021
  • Superbike atau akrab dikenal World Superbike (WSBK) merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia
    Superbike atau akrab dikenal World Superbike (WSBK) merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia
    Superbike
  • Toprak Razgatlioglu adalah pembalap profesional yang saat ini aktif membalap di Kejuaraan Dunia Superbike
    Toprak Razgatlioglu adalah pembalap profesional yang saat ini aktif membalap di Kejuaraan Dunia Superbike
    Toprak Razgatlioglu
  • World Superbike 2021
  • Mandalika