Sukses

Messi Rebut Trofi Ketujuh, Ini Daftar Lengkap Peraih Penghargaan Ballon d’Or 2021

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi kembali menunjukkan dominasinya dalam kancah sepak bola dunia. Pemain berusia 34 tahun itu lagi-lagi meraih trofi Ballon d’Or pada Senin (29/11/2021) waktu setempat.

Sebelumnya, Messi tercatat telah enam kali memenangkan penghargaan Ballon d’Or, yakni pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019. Dengan demikian, Ballon d’Or 2021 menjadi trofi ketujuh yang diraih La Pulga sepanjang kariernya.

Messi mengalahkan pesepak bola populer lain, seperti Robert Lewandowski, Karim Benzema, dan Jorginho. Ia juga makin jauh meninggalkan pesaingnya Cristiano Ronaldo yang hingga kini telah mengoleksi lima trofi Ballon d’Or.

Eks pemain Barcelona ini memang diketahui sukses menorehkan sejumlah prestasi musim lalu. Messi berhasil mengantarkan Timnas Argentina menyabet gelar Copa America 2021. Ia juga membantu Blaugrana meraih Copa del Rey 2021. Di level individu, La Pulga dinobatkan sebagai top skor La Liga, serta top skor dan pemain terbaik di Copa America.

“(Rasanya) luar biasa bisa berada di sini lagi. Dua tahun lalu, saya pikir itu (trofi Ballon d’Or) yang terakhir kalinya. Memenangkan Copa America adalah kuncinya. Ini adalah tahun yang spesial bagi saya dengan gelar Copa America. Sangat berarti bisa menang di Stadion Maracana dan merayakannya dengan orang-orang Argentina,” ujar Messi, melansir The Guardian.

2 dari 4 halaman

Pemain Wanita Terbaik

Alexia Putellas merasakan kebahagiaan yang hampir serupa dengan Lionel Messi. Ia pun sukses meraih gelar pemain wanita terbaik pada malam penganugerahan Ballon d’Or 2021. Gelandang berusia 27 tahun tersebut sebelumnya telah dinobatkan sebagai Pemain Wanita Terbaik UEFA berkat penampilannya yang mengesankan.

Dikutip dari The Guardian, Putellas kini resmi mengikuti jejak Ada Herberg dan Megan Rapinoe yang masing-masing memenangkan penghargaan Ballon d’Or pada 2018 dan 2019.

“Saya sangat emosional, ini adalah momen yang amat spesial. Saya ingin mengawalinya dengan berterima kasih pada semua rekan setim saya, terutama rekan tim saya saat ini (Barcelona). Bagi saya, ini merupakan kesuksesan kolektif,” ujar Putellas ketika dinobatkan.

3 dari 4 halaman

Robert Lewandowski

Di sisi lain striker Bayern Munchen Robert Lewandowski finis di posisi kedua, mengungguli Jorginho, Karim Benzema, dan N’golo Kante. Pemain berusia 33 tahun ini sejatinya difavoritkan untuk menyabet Ballon d’Or tahun lalu. Namun, acara tersebut dibatalkan akibat pandemi.

Meski demikian, Lewandowski sukses meraih predikat sebagai striker terbaik tahun ini. Ia pun mengaku bangga atas pencapaiannya dan berterima kasih kepada tiap orang yang telah memberi kontribusi bagi prestasinya.

"Saya sangat bangga dengan trofi ini, saya tahu apa artinya siap mencetak gol. Saya harus berterima kasih kepada rekan satu tim, pelatih, dan staf saya. Tanpa mereka, sulit untuk berada di depan,” kata pemain Timnas Polandia itu.

4 dari 4 halaman

Peraih Penghargaan di Tiap Kategori

Terdapat total enam kategori penghargaan yang diberikan pada malam penganugerahan Ballon d’Or 2021 di Theatre du Chatelet, Paris. Penghargaan tersebut adalah Pemain Putra Terbaik, Pemain Putri Terbaik, Pemain Muda Terbaik, Kiper Terbaik, Striker Terbaik, dan Klub Terbaik. Berikut adalah daftar lengkap peraih penghargaan di tiap kategori.

Pemain Putra Terbaik (Ballon d’Or 2021)  Lionel Messi
Pemain Putri Terbaik (Ballon d’Or 2021)  Alexia Putellas
Pemain Muda Terbaik (Kopa Trophy 2021)  Pedri
Kiper Terbaik (Yashin Trophy 2021)  Gianluigi Donnarumma
Striker Terbaik  Robert Lewandowski
Klub Terbaik  Chelsea

 

 

Penulis: Melinda Indrasari