Sukses

Papua Raih Emas Cabor Sepak Bola di Peparnas 2021

Papua kembali berhasil memperoleh medali emas melalui cabor sepak bola celebral palsy (CP) setelah menang WO (walkover) atas Kalimantan Selatan pada final Peparnas 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Tuan rumah Papua mengamankan medali emas sepak bola celebral palsy (CP) Peparnas XVI 2021. Mereka menang WO (walkover) atas Kalimantan Selatan pada partai final di Stadion Mahacandra Uncen, Jayapura, Jumat (12/11) sore.

Berdasarkan laporan Antara, final sepak bola CP Peparnas antara Papua dan Kalsel berjalan hingga babak pertama usai. Pada permulaan babak pertama, Papua dan Kalimantan Selatan bermain terbuka dan kedua tim saling melancarkan serangan ke lini pertahanan lawan.

Papua unggul di babak pertama berkat gol dari Diano Korwa dan Ongen Marani. Di sisi lain, Kalimantan Selatan mencetak satu gol pada babak pertama melalui Firman A. Pedi.

Permainan saling menekan diperagakan oleh kedua tim. Hingga babak pertama usai, skor 2-1 untuk keunggulan Papua atas Kalimantan Selatan tetap bertahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Protes Kinerja Wasit

Menjelang dimulainya babak kedua, Kalimantan Selatan melakukan protes keras kepada kepemimpinan wasit Andi Asri Aziz asal Sulawesi Selatan yang dinilai tidak adil. Adanya insiden itu membuat Kalimantan Selatan memilih untuk tidak melanjutkan pertandingan yang sempat tertunda hingga beberapa menit.

Akibatnya, komite wasit memutuskan memberi kemenangan WO kepada Papua karena Kalimantan Selatan enggan untuk melanjutkan pertandingan.

 

3 dari 3 halaman

Peraih Medali

Pada akhirnya Papua berhak untuk mendapatkan medali emas. Di sisi lain, Kalimantan Selatan melayangkan surat protes soal kepemimpinan wasit dan untuk sementara waktu tidak menerima medali perak.

Medali perunggu sendiri didapatkan oleh Jawa Barat yang pada laga perebutan tempat ketiga berhasil menang 7-2 melawan Jawa Timur.

 

Penulis: Rafi Abdul Rochim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.