Sukses

Terungkap! Ini Jumlah Kompensasi yang Diterima Jose Mourinho setelah Dipecat Klub Inggris

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi baru-baru ini mengungkap jumlah kompensasi yang telah dikumpulkan Jose Mourinho seusai dipecat dari klub-klub besar. Total yang terkumpul sangat fantastis

Melansir SportBible, manajer asal Portugal ini menerima kompensasi dari Chelsea, Manchester United, Tottenham Hotspur, dan Real Madrid, karena dipecat sebelum kontraknya berakhir.

Mourinho telah mendapatkan lebih dari 100 juta poundsterling dari kiprahnya bersama klub-klub Liga Inggris. Akan tetapi, data baru dari 101 Great Goals mengungkap jumlah kompensasi yang telah diterima pria berusia 58 tahun tersebut sepanjang karier manajerialnya.

Adapun, tugas Mourinho di Inggris pertama kali terjadi pada 2004. Kala itu, dirinya bertugas menjadi juru taktik Chelsea usai sukses mengantar Porto keluar sebagai juara Liga Champions.

Ia kemudian menuntun klub tersebut memenangkan dua gelar Liga Premier sebelum akhirnya dipecat pada 2007 menyusul awal musim yang buruk.

2 dari 4 halaman

Pasca Hengkang dari Chelsea

Hengkang dari The Blues, Mourinho menjajaki klub-klub besar lain. Ia pun sukses meraih gelar domestik bersama Inter Milan dan Real Madrid pada tahun-tahun berikutnya.

Meski demikian, sang manajer akhirnya memutuskan untuk kembali ke Stamford Bridge pada 2013. Mourinho sukses mengangkat trofi Liga Premier pada 2015. Namun, layaknya tugas pertamanya di Chelsea, situasi dengan cepat memburuk.

3 dari 4 halaman

Mourinho di MU

Mourinho dipecat begitu saja pada akhir tahun, kemudian hijrah ke Manchester United pada 2016 untuk menggantikan posisi Louis van Gaal sebagai pelatih kepala di Setan Merah.

Bertahan dua tahun di Old Trafford, pelatih yang sempat dijuluki The Special One ini berhasil memenangkan Piala Liga, Liga Eropa, dan Community Shield bersama MU.

Lagi-lagi situasi gemilang tak bertahan lama. Pada akhir 2018, Jose Mourinho dibebaskan dari tugas, jauh sebelum akhir masa kontraknya di Old Trafford.

4 dari 4 halaman

Kompensasi Mourinho

Menurut investigasi 101, Mourinho telah mengumpulkan 97.674.480 poundsterling atau setara dengan kurang lebih Rp1,8 triliun dari tiga pekerjaannya di Inggris selama 10 tahun terakhir.

Angka tersebut membuat Mourinho duduk di urutan teratas dalam hal jumlah yang diperoleh sebagai manajer Liga Premier setelah dipecat sejak awal musim 2011/12. Adapun, eks bos Tottenham Mauricio Pochettino bertengger di urutan kedua dalam daftar.

Secara keseluruhan, data menunjukkan Mourinho telah menghabiskan total 2.315 hari di Liga Inggris dan mendapattkan rata-rata 42.192 poundsterling atau Rp806,7 juta per hari.

Dalam kurun waktu itu, ia melakoni 336 pertandingan dan memenangkan 209 di antaranya, serta mengantongi 226.870 poundsterling per pertandingan. Dengan tambahan penghasilan sebesar Rp1,8 triliun dari tiga pekerjaan, tak heran jika Mourinho disebut sebagai salah satu manajer termahal dalam sejarah Liga Premier.

 

Penulis: Melinda Indrasari