Sukses

Peparnas 2021: Kontingen Papua Kokoh Bertengger di Puncak Klasemen Sementara

Kontingen Papua dikabarkan masih bertengger di puncak klasemen sementara, disusul oleh Jawa Barat dan Jawa Tengah di posisi kedua dan ketiga.

Liputan6.com, Jakarta - Kontingen Papua kokoh bertengger di puncak klasemen sementara Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021. Melansir situs resmi Kemenpora, para atlet dari Bumi Cenderawasih bertekad mempertahankan posisi dan meraih juara di tanah sendiri.

“Mudah-mudahan saja kami bisa mempertahankan peringkat ini sampai penutupan nanti,” ujar Wakil Ketua II Panitia Besar Peparnas Hans Hamadi di Jayapura pada Selasa (9/11/2021) malam, seperti dikutip dari laman Kemenpora.

Menurut data yang diperoleh dari situs Kemenpora, kontingen tuan rumah sejauh ini  telah mengoleksi 107 medali, terdiri atas 49 emas, 27 perak, dan 31 perunggu. Raihan tersebut membuat Papua sementara ini memimpin klasemen Peparnas.

Kontingen Jawa Barat menyusul di peringkat kedua dengan raihan 31 emas, 35 perak, dan 22 perunggu. Sementara itu, posisi ketiga ditempati oleh Jawa Tengah yang telah mengumpulkan 30 emas, 23 perak, dan 28 perunggu.

Belum bergeser dari posisi puncak selama beberapa waktu, kontingen tuan rumah kini makin termotivasi untuk memberi upaya maksimal demi mengharumkan nama daerah di kancah nasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ditempatkan di Pelatnas

Di sisi lain, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali juga kabarnya telah menegaskan niat untuk mencari atlet-atlet berbakat yang bisa ditempatkan di Pelatnas NPC, Solo, Jawa Tengah. Tak heran jika atlet dari Papua dan kontingen lainnya berupaya menunjukkan performa maksimal di Peparnas kali ini.

"Seperti yang pernah saya sampaikan, ajang Peparnas ini adalah ajang untuk melihat bakat-bakat, talenta yang bisa didorong ke Pelatnas yang ada di Solo. NPC akan melihat mana mereka yang bisa ditempatkan di Pelatnas," kata Menpora Amali usai meninjau venue Akuatik di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (8/11/2021) lalu.

3 dari 3 halaman

Ditutup Presiden Jokowi

Adapun, Peparnas Papua resmi dibuka pada 5 November 2021 dengan dihadiri oleh Wapres Ma’ruf Amin. Selanjutnya, ajang olahraga nasional terbesar bagi penyandang disabilitas ini akan ditutup oleh Presiden Jokowi di Stadion Mandala.

“Bapak Presiden Joko Widodo akan hadir langsung menutup Peparnas.Ini juga rencananya beliau akan mengunjungi salah satu venue yang sedang melaksanakan pertandingan di Peparnas dan nanti panitia menyiapkannya," tutur Menpora Amali dalam rilis Kemenpora.

 

Penulis: Melinda Indrasari 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.