Sukses

Menpora Zainudin Amali Pastikan Presiden Jokowi Akan Hadiri Penutupan Peparnas Papua

Selain hadir di acara penutupan Peparnas Papua 2021, Presiden Jokowi juga akan meninjau langsung pertandingan salah satu cabang olahraga sekaligus mengalungkan medali kepada para atlet.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memastikan Presiden Joko Widodo akan menutup secara resmi penyelenggaraan Pekan Paralimpik Nasional atau Peparnas Papua 2021. Acara ini akan berlangsung di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu, 13 November.

Zainudin menuturkan Presiden Jokowi juga akan menyaksikan langsung pertandingan salah satu cabang olahraga sekaligus mengalungkan medali kepada para atlet. "Bapak Presiden Joko Widodo akan hadir langsung menutup Peparnas," katanya.

"Ini juga rencananya beliau akan mengunjungi salah satu venue yang sedang melaksanakan pertandingan di Peparnas dan nanti panitia menyiapkannya," tambah Zainudin dalam rilis Kemenpora.

Sebelumnya, Presiden Jokowi berhalangan hadir dalam upacara pembukaan Peparnas 2021 pada 5 November lalu. Sebab, dia harus menjalani karantina selepas melakukan kunjungan luar negeri sehingga tugas tersebut diwakilkan kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berjalan lancar

Zainudin menilai Peparnas Papua secara keseluruhan berjalan lancar hingga hari keempat penyelenggaraan meski ditemui masih ada beberapa kekurangan minor. Dia yakin pertandingan di seluruh cabang olahraga dapat berjalan lancar dan aman hingga upacara penutupan nanti.

"Sebab kalau sampai ada gangguan yang signifikan dan membuat pertandingan itu berhenti, itu akan membuat catatan yang tidak baik terhadap keseluruhan penyelenggaraan ini. Sampai hari ini saya kira penyelenggaraan masih berjalan dengan lancar dan prestasi," ucapnya.

Peparnas hingga hari keempat sudah mencatatkan sejumlah pemecahan rekor di beberapa cabang olahraga, seperti renang dan atletik.

 

3 dari 3 halaman

12 cabang olahraga

Peparnas Papua mempertandingkan 12 cabang olahraga di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Cabor itu meliputi angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola cerebral palsy (CP), tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.

Mereka memperebutkan 2.812 keping medali terdiri dari 861 emas, 861 perak, dan 1.090 perunggu dalam 640 nomor perlombaan. Jawa Barat merupakan juara umum Peparnas 2016 lalu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.