Sukses

Kontingen DKI Jakarta Telah Persembahkan Lima Emas Peparnas XVI Papua

DKI Jakarta telah mengirim 97 atlet untuk bertanding di Peparnas XVI, Papua. Total sudah 10 medali yang berhasil diraih kontingen DKI Jakarta pada Peparnas tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Para atlet kontingen DKI Jakarta yang berlaga di Peparnas XVI Papua 2021 sejauh ini telah berhasil meraih lima emas pada ajang olah raga nasional yang ditujukan bagi para penyandang disabilitas tersebut.

Dilansir dari situs resmi Peparnas XVI per Selasa, 9 November, total sudah 10 medali yang berhasil diraih kontingen DKI Jakarta, dengan rincian lima emas, satu perak dan empat perunggu dalam ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI, Papua 2021.

Untuk diketahui, lima medali emas yang berhasil diraih terebut berasal dari cabor para-atletik nomor lempar lembing putri F +54, tolak peluru F 57 putri, kursi roda 1.500 meter T52-54 - putri, kursi roda 400 M T54 putra dan renang 100 M gaya bebas S15 putra. Atas raihan itu, membuat kontingen ibukota berada di peringkat ke-7 hasil perolehan medali sementara dalam kompetisi yang akan berlangsung hingga 15 November tersebut.

Dikutip dari website berita resmi Pemprov DKI Jakarta, Chief de Mission(CdM) Kontingen DKI Jakarta di Peparnas XVI, Tedy Cahyono mengatakan, seluruh atlet bertekad meraih sebanyak-banyaknya medali emas pada ajang kompetisi yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas tersebut.

"Sampai saat ini DKI Jakarta sudah meraih lima medali emas. Masih ada pertandingan dan penyisihan pada cabang olahraga (cabor) lain. Kita berharap dari cabor renang, atletik, yudo, catur dan yang lainnya atlet DKI juga bisa mendulang medali emas," ujarnya, Selasa (9/11).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target DKI Jakarta

Tedy menjelaskan, DKI Jakarta telah mengirim 97 atlet untuk bertanding di Peparnas XVI, Papua. Targetnya, DKI Jakarta bisa membawa pulang 25 medali emas pada Peparnas tahun ini.

"Pada Peparnas XV, tahun 2016 kita ada di peringkat 11 dengan raihan 15 medali emas. Semangat tidak kendur, kita berjuang sebaik dan seoptimal mungkin, perjalanan masih panjang. Kita terus memonitor para kontingen untuk bertanding sebaik-baiknya memberikan penampilan terbaik mereka," ujarnya.

Sementara itu, Pelatih Atlet Para-Atletik Peparnas XVI, Marini menambahkan, cabor para-atletik adalah salah satu cabor andalan DKI dan ditargetkan dapat meraih medali emas.

Menurutnya, lawan dari daerah lain untuk cabor para-atletik khususnya nomor  Lempar Lembing adalah atlet yang juga pernah berkompetisi pada Peparnas XV di Jawa Barat. Marini juga menilai, persiapan kontingen DKI Jakarta menghadapi Peparnas XVI, Papua luar bisa, terlebih di tengah kondisi pandemi.

"Atle DKI Rebecca C A Tampubolon dari cabor para-atletik nomor Lempar Lembing Putri F +54 menjadi penyumbang emas pertama bagi DKI Jakarta pada Peparnas XVI," ucapnya.

"Saya sangat mengapresiasi Pemprov DKI Jakarta khususnya Dinas Pemuda dan Olahraga yang mendukung penuh dan memfasilitasi kesiapan para atlet mulai dari pemusatan pelatihan dan fasilitas penunjangnya agar persiapan atlet lebih terprogram dan fokus," tambahnya.

Penulis: Rafi Abdul Rochim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.