Sukses

90 Atlet Judo Penyandang Disabilitas akan Berlaga di Peparnas Papua

Cabang olahraga judo pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 akan memulai pertandingan pertama Senin, 8 November.

Liputan6.com, Jakarta - Cabang olahraga judo pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 akan memulai pertandingan pertama Senin, 8 November. Pertandingan digelar di GOR Trikora, Universitas Cendarawasih, Kota Jayapura.

Sebanyak 90 atlet dari 13 provinsi untuk nomor perseorangan dan tujuh provinsi untuk beregu dinyatakan siap berlaga di Peparnas Papua. Demikian hasil pertemuan teknis pada cabor Judo di Hotel Numbai, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (6/11/2021).

Dalam pertemuan teknis, dilakukan pengundian secara langsung yang disaksikan oleh perwakilan atlet disabilitas dari berbagai kontingen. Undian dilakukan dengan menggunakan aplikasi pengundian secara virtual.

Technical Delegate atau Delegasi Teknis Cabor Judo Raden Mas Dimas Aribowo mengatakan, pengundian dalam setiap kelas pertandingan, baik beregu maupun perseorangan dilakukan dengan elektronik. Sehingga bisa lebih adil.

"Kami menggunakan metode pengundian secara elektronik," kata Dimas seperti dikutip dari rilis Media Center Kominfo Peparnas Papua.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah kontingen

Secara detail, dalam kelas perseorangan terdapat 13 kontingen yang akan mengikuti cabor Judo. Mereka ialah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bali, dan Papua. Sementara jumlah atlet disabilitas yang bakal berlaga sebanyak 40 orang.

Sementara di kelas beregu, terdapat tujuh kontingen. Mereka yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, Papua, Riau, dan Sumatera Utara.

Jumlah atlet yang akan berlaga dalam kelas beregu adalah sebanyak 50 orang. Sebanyak 35 dari kelas beregu putra dan sebanyak 15 atlet dari kelas beregu putri.

 

 

3 dari 3 halaman

Perebutkan medali

Pertandingan pertama pada ajang cabor judo dijadwalkan akan digelar 8 November 2021. Pada pertandingan itu, akan langsung memperebutkan medali emas, perak, dan, perunggu.

Sebab, proses klasifikasi baru selesai pada Jumat, 4 November. Direncanakan Minggu, 7 November dilakukan timbang berat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.