Sukses

Atletik Jadi Lumbung Medali Emas di Hari Pertama Peparnas Papua

Atletik menyediakan 34 medali emas pada hari pertama Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021, Sabtu (6/11/2021).

Liputan6.com, Jayapura - Atletik menjadi ladang perebutan medali emas atlet penyandang disabilitas pada hari pertama Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021, Sabtu (6/11/2021).

Setidaknya 34 keping emas diperebutkan pada cabor yang digelar di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Medali untuk atletik tersebut dipertandingkan dalam klasifikasi nomor bagi atlet Tuna Daksa, Rungu Wicara, Celebral Palsy, Tuna Netra, dan Perawakan Pendek.

Atlet tuan rumah Abraham Elopere menjadi peraih emas pertama Peparnas Papua setelah finis terdepan dalam lomba klasifikasi T20 cabang olahraga atletik nomor 1.500 meter putra. Atlet 32 tahun itu membukukan waktu terbaik yakni 4 menit 22,63 detik.

Abraham berhasil mengalahkan wakil Jawa Tengah Nasrodin yang harus puas membawa pulang perak usai finis kedua dengan catatan waktu 4 menit 24,52 detik. Sementara perunggu diraih atlet asal Nusa Tenggara Timur Leksi Kase yang menyelesaikan lomba dengan waktu 4 menit 25,76 detik.

"Saya tidak menyangka bisa menjadi juara, karena peserta di Peparnas ini banyak. Terima kasih juga ke masyarakat Papua yang selalu mendukung dan mendoakan saya. Semoga dengan hasil ini, atlet Papua lainnya bisa terus semangat," kata Abraham usai lomba.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diikuti 11 Provinsi

Tuan rumah Papua menurunkan tiga wakil dalam perlombaan ini. Mereka adalah Norim Pagawak yang finis di urutan keenam dengan catatan waktu 4:44,75 dan Lius Kusumbrue yang gagal finis dalam perlombaan tersebut. 

Secara keseluruhan, perlombaan kali ini diikuti 19 atlet. Namun hanya 14 atlet yang menyelesaikan perlombaan. Tercatat ada 11 provinsi yang mengirim atlet. Selain Papua, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Timur, ada juga wakil dari Gorontalo, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jawa Timur, dan Riau.

3 dari 3 halaman

Total 741 Medali

Induk dari semua cabang olahraga tersebut menyediakan 741 keping medali meliputi 247 emas, 247 perak, dan 247 perunggu untuk diperebutkan para atlet paralimpik.

Ada 111 nomor pertandingan perorangan putra dan 81 untuk putri. Di luar itu terdapat tujuh nomor beregu putra dan empat nomor beregu putri. Sehingga secara total ada 203 nomor perlombaan atletik digelar hingga 13 November 2021 nanti di stadion dengan lintasan yang telah mengantongi sertifikasi Federasi Asosiasi Atletik Internasional (IAAF).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.