Sukses

Ganti Koeman dengan Xavi Hernandez, Barcelona Harus Siapkan Biaya Sebesar Ini

Barcelona harus merogoh kocek total sebesar 16 juta euro untuk mengganti Ronald Koeman dengan Xavi Hernandez.

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona akan menghadapi masalah baru saat memutuskan untuk mendatangkan Xavi Hernandez sebagai pengganti Ronald Koeman. Masalah itu yakni kondisi keuangan klub yang belum stabil.

Seperti dilansir Marca, Barcelona diperkirakan harus mengeluarkan uang sebesar 16 juta euro atau Rp 265 Miliar sebagai kompensasi pergantian pelatih ini. Uang sebesar ini dikeluarkan untuk gaji Xavi Hernandez dan staf serta kompensasi memecat Koeman lebih awal.

Hal pertama yang dilakukan Barcelona yaitu membayar klausul pelepasan Xavi dari Al Sadd sebesar 1 juta euro. Barca kabarnya ingin negoisasi ini agar bisa gratis saja.

Barcelona menawarkan proposal siap main di laga persahbatan melawan Al Sadd di Doha. Itu kalau klub asal Qatar itu mau mengurangi atau tiadakan klausul pelepasan.

Barcelona membebastugaskan Ronald Koeman usai kekalahan 0-1 dari Rayo Vallecano. Ini menjadi kekalahan kedua beruntun usai kalah 1-2 lawan Real Madrid di El Clasico.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gaji Xavi

 

Xavi tentu paham dirinya tak akan mendapatkan gaji ideal di Barcelona. Dia pasti tahu akan mendapatkan gaji lebih kecil dari seharusnya.

Barcelona kabarnya harus membayar sekitar 3 juta euro untuk gaji Xavi dan stafnya hingga akhir musim. Nilai ini mungkin akan naik seiring dengan membaiknya keuangan klub.

Ini sesuai dengan kebijakan finansial yang ditetapkan CEO Barcelona, Ferran Reverter. Dia mengatakan klub sedang membuka ruang untuk "napas" di anggaran gaji.

 

3 dari 4 halaman

Kompensasi Koeman

 

Karena pecat Koeman lebih awal, Barcelona harus bayar kompensasi sebesar 12 juta euro. Koeman akan menunggu kompensasi ini dibayarkan.

Kalau Al Sadd ogah negoisasi klausul pelepasan Xavi, maka Barcelona harus bayar pergantian pelatih ini dengan biaya total 16 juta euro.

 

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.