Sukses

Pekan Olahraga Porsimaptar XXI Diikuti Peserta dari Luar Negeri

Porsimaptar XXI tak hanya diikuti peserta dari Indonesia saja. Ada 3 negara lain yang ikutan.

Liputan6.com, Jakarta- Pekan Olahraga Seni Mahasiswa Pelajar dan Taruna (Porsimaptar) diselenggarakan oleh Akademi Kepolisian (Akpol) secara hybrid, online dan juga offline, pada tahun 2021 ini. Ajang ini berlangsung pada tanggal 18-22 Oktober 2021 mendatang.

Porsimaptar XXI terpaksa dilakukan hybrid lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19. Namun menariknya, Porsimaptar tahun ini jadi bertaraf internasional karena akan diikuti peserta dari luar negeri, yakni Malaysia, Filipina, dan Inggris. 

Ketua Panitia Popsimaptar XXI, Brigtutar M Arshan Rachman, dalam jumpa pers virtual Senin (11/10/2021), menjelaskan situasi pandemi tidak akan mengurangi esensi dari kegiatan tahunan ini.

"Ada beberapa cabang yang diperlombakan di tahun ini, di antaranya Olahraga, Virtual Run, Esports, Seni, English Competition, Essay Competition, Poster Contest, Short Movie Contest serta Web Seminar," ujar Brigtutar M Arshan Rachman.

Selain itu, Brigtutar M Arshan pun menyebutkan, Porsimaptar XXI ini akan ada webinar, virtual exhibition, dan opening serta closing kegiatan.

"Kompetisi Esports dibagi menjadi tiga cabang. Ini karena Taruna Akpol ingin mengakomodir pemuda di Indonesia yang punya kemampuan di olahraga elektronik atau esports. Jadi kami juga mengadakan esports competition," jelas Arshan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Virtual

Sementara untuk kegiatan webinar akan dimoderatori oleh Senandung Nacita dengan menggandeng narasumber Irjen Pol Slamet Uliandi yang saat ini menjabat sebagai Kadiv TIK Polri.

"Irjen Pol Slamet Uliandi dijadikan narasumber karena beliau merupakan salah satu tokoh dimana di masa pandemi cocok penggunaan teknologi secara masif. Irjen Pol Slamet bisa memberikan inspirasi dan motivasi kepada pemuda agar di masa pandemi bisa memanfaatkan teknologi secara baik," ungkap Arshan.

Selain itu, acara penutupan (Closing) Porsimaptar bakal dilaksanakan pada 22 Oktober 2021, yang akan digelar di gedung Cendikia Akpol. Pada momen Closing Porsimaptar XXI, nantinya akan ditampilkan pemenang dari seluruh perlombaan dalam bentuk treatikal.

"Jadi dengan treatikal ini, bisa menonjolkan kreativitas kami di Akpol. Kalau ada yang bilang anak-anak taruna itu kaku dan tidak kreatif, itu anggapan tidak benar. taruna Akpol juga bisa kreatif, dan banyak inovasinya," sebutnya.

Acara pembukaan Porsimaptar XXI ini nantinya akan dilakukan melalui virtual maupun secara langsung dari Kampus Akpol, dan akan disiarkan langsung atau live streaming melalui Youtube Akpol. Press confrence virtual dibuka oleh MC dan moderator Brigtutar M Haidar Yaafi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.