Sukses

Baru Tampil Enam Kali, Wonderkid Barcelona Langsung Dipanggil Timnas Spanyol

Wonderkid Barcelona, Gavi, dipanggil untuk membela La Roja oleh Luis Enrique meski baru enam kali bermain di level senior bersama Barcelona

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Spanyol Luis Enrique telah mengumumkan skuad yang akan bertanding di putaran final Nations League. Adapun, wonderkid Barcelona yang baru berusia 17 tahun, Gavi kabarnya mendapat panggilan untuk bergabung bersama La Roja.

Jika ia benar-benar bermain di laga Nations League, Gavi bakal mencetak sejarah sebagai pemain termuda yang mewakili La Roja. Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh Pablo Zubieta yang mendapatkan dua caps pada 1936.

Melansir Goal.com, Gavi diketahui melakukan debut di tim utama Barcelona pada 29 Agustus. Ia telah memainkan enam pertandingan bersama raksasa Catalan, termasuk laga Liga Champions kontra Benfica pada Kamis (30/9/2021) dini hari WIB.

Sementara itu di tim nasional, pemain muda ini baru mewakili negaranya pada level U-15 dan U-16. Ia sukses menerima promosi langsung ke tim senior La Roja setelah Luis Enrique memberinya tempat di skuad semifinal Nations League.

La Roja kabarnya akan menghadapi juara Euro 2020 Italia di San Siro, Milan. Pemenang laga tersebut nantinya akan berhadapan dengan Belgia atau Prancis. Sebaliknya, tim yang kalah akan memperebutkan tempat di posisi ketiga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bukan Satu-Satunya

Gavi bukan satu-satunya wonderkid yang mendapat kesempatan dari Enrique. Pemain sayap Villarreal berusia 18 tahun, Yeremi Pino, juga resmi dipilih untuk pertama kalinya. La Roja berharap perpaduan para pemain muda ini akan memberi kesempatan lebih besar bagi mereka dalam perebutan gelar.

3 dari 5 halaman

Risiko

Di sisi lain, Enrique tak menampik bahwa terdapat risiko yang mungkin muncul jika peltih memanggil pemain yang terlau muda untuk bergabung dalam skuad nasional. Meski demikian, Enrique menganggap bakat Gavi terlau besar untuk diabaikan.

“Bagi saya, yang berbahaya adalah ketika mengambil risiko dengan peman yang menurut Anda tak cukup baik, lalu mengekspos mereka. Saya sudah mengennya (Gavi) selama bertahun-tahun,” ujar Enrique seperti dilansir dari Mirror.co.uk.

“Melihat bagaimana dia bermian, saya tidak ragu bahwa dia bisa menjadi pemain yang sangat penting bagi klub dan tim nasionalnya,” sambungnya.

4 dari 5 halaman

Mampu Bermain

Enrique menilai Gavi telah mampu bermain melawan Italia usai mengamati perkembangannya dalam sesi latihan. Menurutnya, usia tak jadi persoalan dalam skuadnya. Yang terpenting adalah para pemain mampu beradaptasi dengan keinginan pelatih.

“Apakah ini terlalu cepat? Mungkin saja. Akan tetapi, ia bisa mulai (bermain) melawan italia, berdasarkan apa yang saya lihat dalam sesi latihan. Usia itu tidak penting, (yang penting) adalah sikap Anda dan apakah Anda bisa beradaptasi dengan keinginan pelatih. Itu yang belum saya ketahui tentang Gavi,” ujarnya.

 

Penulis: Melinda Indrasari

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.