Sukses

Balapan WSBK di Sirkuit Mandalika Mundur Sepekan

Liputan6.com, Mataram - Seri pemungkas World Superbike 2021 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, mundur satu pekan dari jadwal semula menjadi 19-21 November.

Mandalika Grand Prix Association mengungkapkan salah satu alasan berubahnya jadwal karena adanya pertimbangan logistik dan pengiriman barang.

"Selain itu, balapan ini diundur bukan hanya karena faktor teknis, namun juga agar pelaksanaannya tidak bersamaan dengan final MotoGP yang berlangsung di Valencia," papar MGPA dalam keterangan resminya.

Kembalinya WSBK ke Indonesia, sejak terakhir kali menjadi tuan rumah pada 1994-1997, tentunya sangat ditunggu penggemar balap motor di Tanah Air.

 

2 dari 3 halaman

Tonggak Sejarah

Tak hanya itu, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi tuan rumah Idemitsu Asia Talent Cup, yang juga dikelola oleh Dorna Group, pada 12-14 November.

"Ini adalah tonggak sejarah bagi Mandalika International Street Circuit sebagai tuan rumah World SBK dan IATC, dan merupakan hal paling penting bagi Dorna Group untuk selalu bekerja sama dan menjalin hubungan dengan Indonesia melalui promotor MGPA," tulis pernyataan MGPA.

Toprak Razgatlioglu (Yamaha) sementara memimpin klasemen WSBK dengan koleksi 399 poin, unggul satu angka dari Jonathan Rea (Kawasaki) menuju empat seri terakhir musim ini.

3 dari 3 halaman

Aspal Sudah Rampung

Pengerjaan aspal trek Sirkuit Mandalika telah dirampungkan pada pertengahan Agustus lalu. Sirkuit sepanjang 4,3km itu disiapkan juga untuk menjadi tuan rumah MotoGP tahun depan.

Kendati kalender MotoGP 2022 belum dirilis oleh Dorna Sports, Sirkuit Mandalika sudah mendapatkan slot untuk menjadi tuan rumah tes pramusim pada 11-13 Februari, satu pekan berselang setelah uji pertama di Sepang, Malaysia.