Sukses

Lebih dari 7.000 Atlet Berlaga di PON 2021, Kontingen Tuan Rumah Sumbang Perwakilan Terbanyak

PON Papua akan dibuka secara resmi pada 2 Oktober mendatang, Papua selaku tuan rumah menjadi kontingen yang mengirimkan atlet terbanyak di ajang tersebut

Liputan6.com, Jakarta PON Papua 2021 akan resmi dibuka dalam hitungan hari. Ajang olahraga nasional terbesar di Indonesia ini dijadwalkan mulai bergulir pada 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021 mendatang. Sejumlah kontingen diketahui telah mempersiapkan atletnya untuk berlaga di PON XX Papua.

Terdapat total 7.039 atlet yang bakal bersaing memperebutkan medali di PON Papua. Jumlah ini terdiri atas 4.161 atlet laki-laki dan 2.878 atlet perempuan. Terdapat pula 3.585 ofisial cabor dan 2016 ofisial kontingen yang turut menyukseskan PON Papua 2021.

Adapun, Papua selaku tuan rumah menjadi kontingen yang mengirimkan atlet terbanyak. Kontingen Papua tercatat melepas 923 perwakilan untuk berlaga di ajang tersebut, dengan rincian 536 atlet laki-laki dan 387 atlet perempuan.

Terkait hal ini, KONI Papua menargetkan kontingennya menyabet setidaknya 84 medali emas di PON Papua. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Umum (Sekum) KONI Papua Kenius Kogoya dalam acara pelantikan kontingen Papua di Stadion Mandala Jayapura pada Kamis (9/9/2021).

“Target Papua 84 medali emas, mengikuti semua nomor yang dipertandingkan pada PON,” ujar Kenius seperti dilansir Liputan6.com dari laman resmi milik PON XX Papua 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melakukan Persiapan

Meski target yang dipasang pihaknya dalam PON kali ini terbilang tinggi, Kenius Kogoya optimistis para atlet mampu meraih hasil positif. Pasalnya, kontingen tuan rumah diklaim telah melakukan persiapan selama 38 bulan sebelum menyongsong ajang tersebut.

“Saya harapkan dengan dukungan dari pemerintah, puslatprov, dan ketua, kontingen Papua dapat meraih prestasi di PON XX 2021 sehingga membawa harum nama Papua di kancah nasional maupun dunia,” tuturnya, dikutip dari situs resmi PON.

3 dari 4 halaman

Dibuka 2 Oktober

PON XX Papua 2021 akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, pada 2 Oktober mendatang. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan upacara pembukaan PON akan berlangsung dengan prosedur dan ketetapan layaknya ajang olahraga multi event lainnya.

"Persiapan dilakukan oleh Panitia Besar PON yang berkoordinasi dengan KONI, Kemenpora, dan unsur-unsur terkait sehingga bisa dipastikan Bapak Presiden akan membuka (PON Papua) pada malam harinya,” ujar Menpora Amali dalam konferensi pers virtual, Jumat (24/9/2021) silam.

4 dari 4 halaman

Sudah Bertanding

Walau baru resmi dibuka pada 2 Oktober mendatang, sejumlah cabang olahraga diketahui sudah mulai melangsungkan pertandingan di PON XX Papua 2021. Adapun, cabang olahraga yang kabarnya memulai pertandingan sebelum pembukaan PON adalah softball, polo air, bisbol, paralayang, dan wushu.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.