Sukses

Manchester United akan Gunakan Nama Lain di Gim Football Manager

Akibat sengketa merek dagang, nama Manchester United dalam gim Football Manager akan diganti menjadi Manchester UFC atau Man UFC

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United (MU) akan menggunakan nama yang berbeda dalam gim Football Manager. Hasil ini menyusul hasil kesepakatan klub dengan pihak pengembang terkait sengketa merek yang diumumkan pada Jumat (6/8/2021) lalu.

Melansir Sky Sports, klub Liga Premier ini selanjutnya akan berganti nama menjadi Manchester UFC atau Man UFC dalam gim Football Manager.

Pada Mei 2020 lalu, MU dikabarkan menggugat SEGA and Sports Interactive akibat penggunaan nama klub dalam seri simulasi mereka. Dikutip dari SportBible, lambang dan kit resmi United sejatinya tak digunakan dalam permainan tersebut

Akan tetapi, pihak klub menganggap bahwa pengembang Football Manager melanggar merek dagangnya karena mengganti lambang klub dengan logo merah bergaris putih yang disederhanakan.

Meski demikian, melalui pernyataan resminya baru-baru ini, pihak klub dan pengembang mengeklaim bahwa mereka telah setuju untuk menyelesaikan persoalan secara damai.

“Manchester United dan SEGA telah setuju untuk menyelesaikan sengketa merek dagang terkait Football Manager secara damai. Kedua belah pihak dengan senang hati menyelesaikan masalah ini demi kepuasan bersama,” ungkap pengembang Football Manager seperti dikutip dari Sky Sports.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Detail Argumen Manchester United

Dikutip dari talkSPORT, Setan Merah sebelumnya mengklaim bahwa gim Football Manager telah melanggar merek dagangnya. Menurut MU, Football Manager dinilai melanggar karena tidak menggunakan lambang resmi dalam permainan.

“Konsumen berharap untuk melihat lambang klub di sebelah nama Manchester United dan kegagalan untuk melakukan hal tersebut sama dengan penggunaan yang salah,” bunyi argumen Manchester United seperti dilansir dari SportBible.

Akan tetapi, SEGA and Sports Interactive bersikeras bahwa penggunaan nama klub pada seri simulasi populernya merupakan referensi yang sah untuk Manchester United dalam konteks sepak bola.

Perselisihan antara klub dan pengembang Football Manager akhirnya berhasil diselesaikan secara damai setelah lebih dari satu tahun.

3 dari 3 halaman

Bukan yang Pertama

MU bukanlah klub pertama yang mengalami sengketa kekayaan intelektual semacam ini. Klub Italia Juventus juga sempat dikeluarkan dari permainan Football Manager setelah menandatangani kemitraan eksklusif dengan Konami. Klub ini lantas berganti nama menjadi Zebre, mengacu pada setrip berwarna hitam putihnya yang terkenal.

Melansir SportBible, Juve juga disebut sebagai Piemonte Calcio di EA Sports FIFA, sementara AS Roma, Lazio dan Atalanta akan memiliki nama yang berbeda karena menandatangani kontrak lisensi dengan Konami.

Penulis: Theresia Melinda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Premier

  • Football Manager