Sukses

Rapor Italia di Semifinal Piala Eropa, Tantang Spanyol di Euro 2020 / 2021

Italia meladeni Spanyol pada semifinal Euro 2020. Seperti apa rapor Gli Azzurri di semifinal Piala Eropa?

Liputan6.com, Roma - Italia meladeni Spanyol pada semifinal Euro 2020. Pertandingan berlangsung di Wembley, Selasa (6/7/2021) atau Rabu dini hari WIB.

Duel Italia vs Spanyolmengingatkan pertarungan mereka di final 2012. Ketika itu Italia tidak berdaya menghentikan dominas Spanyol.

Mereka tumbang empat gol tanpa balas dengan David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres, dan Juan Mata mencatatkan nama di papan skor bagi Spanyol.

Hasil tersebut berbeda jauh dengan pertemuan sebelumnya di fase grup turnamen yang sama. Spanyol dan Italia bermain sama kuat 1-1.

Total Italia sudah mencapai semifinal Euro dalam empat kesempatan. Seperti apa rapor Gli Azzurri di babak tersebut? Simak di halaman selanjutnya.

Saksikan Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1968

Berstatus tuan rumah, Italia dipasangkan dengan Uni Soviet pada semifinal. Laga berlangsung ketat dan tidak terjadi gol hingga perpanjangan waktu.

Belum mengenal adu penalti, koin akhirnya digunakan untuk menentukan hasil pertandingan. Kapten Italia Giacinto Facchetti menebak dengan tepat untuk membawa negaranya lolos.

Italia lalu bertemu Yugoslavia pada partai puncak. Final kembali sengit dan kedua tim bermain 1-1 selama 90 menit. Agar tidak terulang kontroversi seperti sebelumnya, kedua tim kembali bertanding beberapa hari kemudian untuk menentukan pemenang.

Gli Azzurri akhirnya berjaya 2-0. Hingga kini gelar ini masih menjadi satu-satunya titel Italia di panggung Euro.

3 dari 5 halaman

1988

Italia masuk semifinal setelah melewati grup yang berisi Jerman Barat, Spanyol, dan Denmark. Capaian ini diraih salah satunya berkat kemenangan 1-0 atas Spanyol.

Meski begitu, Italia tumbang 0-2 dari Uni Soviet.

 

4 dari 5 halaman

2000

Italia menghadapi lawan tuan rumah Belanda di semifinal. Bermain tanpa gol selama 120 menit, Gli Azzurri akhirnya berjaya 3-1 melalui adu penalti.

Namun, kekalahan pahit harus dirasakan pada final. Mereka tumbang 1-2 akibat gol emas David Trezeguet.

5 dari 5 halaman

2012

Setelah menyingkirkan Inggris lewat adu penalti pada perempat final, Italia menghadapi lawan kuat Jerman di semifinal. Pada laga ini Mario Balotelli jadi aktor utama dengan memborong gol kemenangan 2-1 negaranya.

Sayang Italia kembali gigit jari dan tidak berdaya menghentikan Spanyol di partai puncak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.