Sukses

Hasil Euro 2020 / 2021 : Spanyol Cukur Slovakia

Liputan6.com, Jakarta- Spanyol berhasil meraih kemenangan perdana sekaligus lolos ke 16 besar Euro 2020 / 2021. La Furia Roja mencukur Slovakia 5-0 pada laga pamungkas Grup E di Stadion La Cartuja, Rabu (24/6/2021) malam WIB.

Tambahan tiga angka ini membuat Spanyol melejit ke posisi dua klasemen Grup E. Spanyol mendampingi Swedia yang jadi juara grup.

Seperti biasa, Spanyol langsung mengendalikan jalannya pertandingan sejak menit pertama. Spanyol hampir unggul cepat di menit kelima, namun sepakan Alvaro Morata dari sudut sempit masih bisa ditepis kiper Martin Dubravka.

Spanyol mendapat hadiah penalti di menit 12 setelah Koke dilanggar di kotak penalti. Hadiah penalti baru diberikan setelah wasit mengecek VAR.

Sial bagi Spanyol, eksekusi penalti kembali gagal membuahkan gol. Kali ini tendangan penalti Morata dengan cekatan ditepis Dubravka. Ini menjadi penalti kedua Spanyol yang gagal di Euro 2020 setelah sebelumnya Gerard Moreno.

Peluang emas Morata kembali bisa digagalkan Dubravka pada menit 23. Morata melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang dengan gemilang ditepis Dubravka.

Setelah serangkaian aksi gemilang, Dubravka malah membuat Spanyol unggul saat laga berjalan setengah jam. Dubravka melakukan gol bunuh diri konyol.

Sepakan Pablo Sarabia membentur tiang gawang Slovakia. Bola liar kemudian berusaha ditinju Dubravka namun malah masih ke gawang sendiri.

Spanyol menggandakan skor beberapa detik sebelum turun minum. Bek Aymeric Laporte memperdaya Dubravka dengan sundulan akurat menuntaskan umpan Moreno dari sudut sempit. Ini menjadi gol perdana Laporte sejak pindah membela timnas Spanyol.

 

Saksikan Video Menarik Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Keunggulan dua gol ini membuat Spanyol makin percaya diri di babak kedua. La Furia Roja menambah gol lagi di menit 57 lewat sontekan Sarabia. Pemain Paris Saint Germain itu menyambar umpan tarik Jordi Alba.

Pemain pengganti Ferran Torres ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit 68 atau semenit setelah masuk menggantikan Morata. Torres menyontek umpan Sarabia.

Kembali pergantian pemain dari Luis Enrique membuahkan gol pada menit 73. Kali ini bek Pau Torres yang baru masuk semenit kemudian berkontribusi atas gol kelima Spanyol.

Sundulan Torres di mulut gawang coba dihalau Juraj Kucka dan malah masuk ke gawang sendiri. Skor 5-0 bertahan sampai peluit panjang ditiup wasit.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Spanyol: Simon; Azpilicueta (Oyarzabal 77'), Garcia (Pau Torres 71'), Laporte, Alba; Koke, Busquets (Thiago 71'), Pedri; Moreno (Adama 77'), Morata (Ferran Torres 66'), Sarabia

Slovakia: Dubravka; Pekarík, Satka, Skriniar, Hubocan; Kucka, Hromada (Lobotka 46'); Haraslín (Suslov 69'), Hamsík (Banes 90'), Mak (Weiss 69'); Duda (Duris 46')

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.