Sukses

Euro 2020 / 2021: Berpotensi Angkat Koper, Azpilicueta Yakin Spanyol ke 16 Besar

Liputan6.com, Jakarta - Bek Spanyol, Cesar Azpilicueta masih optimistis soal peluang timnya lolos ke babak 16 besar Euro 2020 / 2021. Menurutnya, Spanyol hanya perlu mental dan fisik yang kuat untuk menghadapi laga terakhir.

"Ini adalah soal bagaimana kami bereaksi terhadap tantangan yang ada. Bagaimana kami mengumpulkan diri kami dan mengkritik diri sendiri. Kombinasi itu bisa membuat kami lebih kuat," kata Azpilicueta seperti dilansir situs resmi UEFA.

Spanyol berisiko gagal lolos setelah memetik dua hasil imbang di grup E. La Furia Roja -julukan Spanyol- menempati peringkat ketiga dengan dua poin.

Untuk memastikan diri lolos, Spanyol harus menang di laga terakhir melawan Slovakia, Rabu (23/6/2021) malam WIB. Jika tidak, Spanyol berpeluang angkat koper lebih dahulu.

Spanyol bersaing dengan tiga tim lain yang masih berpeluang. Selain Slovakia, ada Swedia dan Polandia yang juga ingin lolos.

"Persiapannya meliputi fisik dan mental. Itu tantangan yang lebih besar karena pertandingan dimainkan Rabu dan hanya ada jeda singkat antara satu pertandingan dengan yang lainnya," kata Azpilicueta.

 

2 dari 3 halaman

Inspirasi dari Piala Dunia 2010

Lebih lanjut, Azpilicueta juga menilai timnya bisa mengambil inspirasi dari penampilan di Piala Dunia 2010. Menurutnya, peran para seniornya itu bisa memotivasi pemain saat ini untuk mengulang sukses yang sama.

"Saya tidak ada di tim waktu itu, tetapi kami harus mencontoh mereka dan mengambil kesempatan di depan kami," ujarnya.

"Setiap tekel, setiap operan dan kesempatan harus dimaksimlakna. Saya kira kami akan melakukannya," kata Azpilicueta mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Klasemen Grup E Euro 2020 / 2021