Sukses

Portugal vs Jerman di Euro 2020 / 2021: Der Panzer Tertekan, Ronaldo Jadi Sorotan

Jerman harus berjuang untuk memenangkan pertarungan kelas berat terbaru melawan Portugal di Grup F Euro 2020.

Liputan6.com, Jakarta Kualitas Jerman kembali akan diuji pada Euro 2020 / 2021 saat mereka menghadapi Portugal pada laga Grup F di Allianz Arena, Sabtu malam WIB (19/6/2021). Jerman mau tak mau harus memenangkan laga nanti jika tak ingin tersingkir lebih cepat.

Situasi ini tentu saja membuat Jerman berada di bawah tekanan sengit menjelang pertandingan penting itu. Apalagu juara dunia Prancis juga berusaha meraih tempat di babak 16 besar.

Setelah kegagalan mereka untuk lolos dari fase grup di Piala Dunia 2018, Jerman asuhan Joachim Loew kalah 0-1 dari Prancis dalam pertandingan pembukaan mereka di Euro 2020. Dan kekalahan lain melawan pemegang gelar akan membuat mereka menghadapi eliminasi lebih awal lagi.

Jerman memang memiliki keunggulan bermain di kandang di Munich. Tapi, dengan bukti penampilan terakhir mereka, sepertinya Jerman harus berjuang untuk memenangkan pertarungan kelas berat terbaru di Grup F.

Meski Loew -- yang akan mundur di akhir turnamen -- yakin timnya bisa bangkit. "Tekanan selalu sama, tidak masalah siapa yang kami lawan, dan kami bisa mengatasinya," kata Loew kepada wartawan menjelang pertandingan.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Diperingatkan

Bintang Portugal Cristiano Ronaldo sudah tiba di tanah Jerman dengan membawa kemenangan meyakinkan 3-0 atas Hongaria di Budapest. Dan, kemenangan lain akan mengamankan tempat mereka di babak 16 besar sebelum pertandingan terakhir grup melawan Prancis.

Namun, pelatih veteran Portugal Fernando Santos memperingatkan anak asuhnya. "Anda tidak dapat membandingkan Hungaria dengan Jerman dan kami harus siap untuk apa pun yang dilemparkan kepada kami."

3 dari 5 halaman

Terbanyak

Ronaldo akan kembali menjadi sorotan setelah menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Kejuaraan Eropa setelah mencetak dua gol melawan Hungaria yang membuatnya mengoleksi 11 gol di lima turnamen.

Dengan 106 gol dalam 176 pertandingan untuk Portugal, Ronaldo hanya terpaut tiga gol dari rekor internasional sepanjang masa, yang dibuat oleh Ali Daei yang mencetak 109 gol untuk Iran antara 1993 dan 2006.

"Cristiano Ronaldo tidak bisa memenangkan pertandingan sendirian, jadi semua orang harus memainkan peran mereka," Santos memperingatkan.

4 dari 5 halaman

Perbedaan

Di sisi lain, Prancis memenuhi tagihan mereka sebagai favorit pra-turnamen dalam kemenangan 1-0 mereka atas Jerman. Tim pemegang Piala Dunia akan diharapkan untuk membangun itu melawan Hungaria pada pertandingan pertama Sabtu nanti di Budapest.

“Jika satu tim bernilai 900 juta euro dan kami 60 juta euro, Anda mungkin akan melihat perbedaan itu di lapangan,” aku pelatih Hungaria Marco Rossi sambil mempertimbangkan prospek menghadapi pemain seperti Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Paul Pogba.

5 dari 5 halaman

Keuntungan

Sementara itu, Hungaria mengharapkan dukungan penonton yang mendekati angka 60.000 di Puskas Arena, satu-satunya tempat Euro 2020 tanpa batasan kapasitas karena Covid-19.

"Dukungan stadion penuh merupakan keuntungan bagi Hongaria, itu banyak membantu mereka di pertandingan pertama," kata pelatih Prancis Didier Deschamps.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.