Sukses

Heboh Ronaldo Singkirkan Minuman Sponsor Euro 2020, Bagaimana Sih Aturan Mainnya?

Langkah Cristiano Ronaldo menyingkirkan produk sponsor dari atas meja jumpa pers Euro 2020 mulai diikuti oleh pemain lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo membuat heboh di Euro 2020 / 2021. Bukan hanya lewat penampilannya yang menghadirkan rekor baru, tapi juga lewat aksinya meenyingkirkan dua botol minuman Coca-Cola dari meja jumpa pers usai pertandingan timnas Portugal melawan Hongaria, Selasa (15/6/2021) lalu. 

Dalam kesempatan itu, Ronaldo tampak menjauhkan dua botol minuman bersoda itu dari hadapannya. Dengan wajah yang tampak kesal, dia kemudian mengacungkan botol air mineral ke arah kamera. 

Aksi Ronaldo kemudian diikuti oleh pemain Italia, Manuel Locatelli. Gelandang yang tampil memukau saat Italia menekuk Swiss 3-0 itu juga ikut menyingkirkan dua botol Coca-Cola dari hadapannya. Padahal minuman berkarbonasi itu merupakan sponsor resmi Euro 2020 / 2021. 

UEFA semakin kelimpungan karena gelandang Timnas Prancis, Paul Pogba juga melakukan hal yang sama. Bedanya, pemain Manchester United itu memilih untuk menyingkirkan botol bir Haneiken. Sama halnya seperti Coca-Cola, minuman beralkohol asal Belanda itu juga bagian dari sponsor Euro 2020.

Akibat kejadian ini, saham Coca-Cola sempat anjlok hingga 4 Miliar USD. Padahal perusahaan asal Amerika Serikat ini tentu sudah mengeluarkan uang banyak untuk jadi sponsor Euro 2020 / 2021. Kelakuan Ronaldo, Pogba, dan Locatelli, juga semakin menunjukkan lemahnya upaya UEFA dalam mengendalikan perilaku para pemain-pemain elite terhadap produk yang menjadi sponsor acara. 

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Ahli

Nah, Marca telah berbicara dengan sejumlah ahli di bidang sponsorship olahraga terkait pandangan mereka terkait aksi Ronaldo dan Pogba. "Jika itu di US (Amerika Serikat), kejadian seperti ini kemungkinan tidak akan terjadi," ujar Carlos Canto, CEO dari konsultan SPSG. 

"Jika sesuatu seperti ini terjadi di NFL atau NBA, pemain akan kena hukuman. Mereka memiliki aturan yang ketat, Anda tidak bisa melakukan hal seperti itu," beber Canto menambahkan. "Ada tiga pihak yang terdampak, yakni Coca-Cola, Cristiano Ronaldo, dan UEFA," katanya menjelaskan. 

Menurut Canto, UEFA perlu memberikan perlindungan kepada sponsor untuk menghindari kejadian seperti ini. "Jika saya adalah Coca Cola, saya akan segera menelepon [UEFA] untuk mengatakan, 'Anda harus melindungi saya'," kata Canto.

 

3 dari 3 halaman

Komentar Lainnya

Sementara itu, menurut pandangan Cinto Arjam, pendiri CA Sports Marketing, tindakan Ronaldo telah menjadi preseden berbahaya di semua konferensi pers.

"Masalahnya bukan tentang Cristiano [Ronaldo]," kata Arjam. "Ini tentang jika Cristiano melakukannya dan tidak ada yang terjadi, mengapa [Antoine] Griezmann atau [Sergio] Busquets tidak melakukannya?" ujarnya. 

"Di antara mereka ada sponsor dan masing-masing tim nasional harus memenuhi komitmen sponsor." 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Euro 2020 adalah turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa yang digelar di 12 kota dan negara.
    Euro 2020 adalah turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa yang digelar di 12 kota dan negara.

    Euro 2020

  • Euro 2021 adalah turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa yang digelar di 11 kota dan 11 negara
    Euro 2021 adalah turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa yang digelar di 11 kota dan 11 negara

    Euro 2021

  • Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.
    Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.

    Paul Pogba

  • Tim Nasional Portugal baru unjuk gigi di ajang internasional kala generasi emas seperti Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berada dalam skuat
    Tim Nasional Portugal baru unjuk gigi di ajang internasional kala generasi emas seperti Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berada dalam skuat

    Timnas Portugal

  • Piala Eropa 2021 adalah turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa yang digelar di 11 kota dan 11 negara.
    Piala Eropa 2021 adalah turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa yang digelar di 11 kota dan 11 negara.

    Piala Eropa 2021

  • Piala Eropa 2020 adalah turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa yang digelar di 11 kota dan 11 negara
    Piala Eropa 2020 adalah turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa yang digelar di 11 kota dan 11 negara

    Piala Eropa 2020

  • coca-cola